HEADLINE NEWS

Ini Kata Ahmad Palo Soal Penerimaan Siswa Baru

PRABUMULIH, PP - Tahun ajaran baru sebentar lagi dimulai. Sekolah yang ada di seluruh tingkatan pun sudah mulai membuka pendaftaran. Terkait hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Prabumulih pun ikut terjun melakukan pengawasan terhadap kegiatan rutin tahunan Dinas Pendidikan kota Prabumulih itu.

Ketua DPRD Kota Prabumulih, Ahmad Palo SE mengatakan pihaknya dalam hal ini Komisi 1 yang membidangi masalah pendidikan akan melakukan pengawasan penuh terhadap penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah.

"Nanti pengawasan akan diwakili oleh rekan-rekan dari Komisi 1 yang membidangi," ujar Palo ketika ditemui di gedung DPRD kemarin (08/06/2015).

Palo mengaku pihaknya sempat berbeda pendapat dengan pihak eksekutif terkait proses penerimaan siswa baru. DPRD menginginkan agar proses penerimaan siswa baru dikembalikan ke sistem nilai tertinggi. "Eksekutif, pemerintah masih tetap keukeh untuk melakukan tes terhadap siswa sebagai proses penjaringan," katanya.

Namun, dengan berbagai pertimbangan pihaknya akhirnya menyepakati dengan sistem penerimaan yang digunakan oleh Disdik. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menilai proses penerimaan melalui jalan tes rentan terhadap praktek kolusi karena tidak bisa diawasi secara langsung oleh masyarakat.

"Kalau dengan sistem nilai tertinggi kan, peserta itu sendiri yang bisa mengawasi. Jadi apabila ada peserta yang kurang nilainya tetapi berhasil masuk, mereka bisa langsung protes," terangnya.

Masih kata Palo, pihaknya juga membantah adanya unsur kolusi yang dimainkan oleh anggota DPRD. "Kalau memang kami bermain, kenapa kami ngotot untuk penerimaan dengan distem nilai. Yang jelas, kami akan berusaha mengawasi sistem penerimaan agar bisa memberikan keadilan bagi peserta didik," pungkasnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments
1 komentar:
Tulis Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *