HEADLINE NEWS

BPOM dan Diskoperindag Bersihkan Dagangan Pasar Prabumulih dari Formalin

PRABUMULIH, PP - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Prabumulih, bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Dinas ketahanan pangan Kota Prabumulih melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepasar Inpres Kota Prabumulih, kamis (3/7).

Sidak tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan peredaran makanan yang mengandung zat zat berbahaya seperti Formalin dan Boraks. Serta sebagai pencegahan peredaran produk berbahaya dari oknum agen di Kota Palembang, yang dalam membuat produk makan, memakai zat berbahaya seperti gypsum dan boraks sebagai bahan pewarna dan pengawet produk makanan tersebut.

Jika sebelumnya pihak dinas kesehatan hanya mengambil uji sampel dan membawanya ke Laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kali ini pihak terkait melakukan uji sampel langsung di lapangan, yang sering disebut rapid test kesejumlah

Dalam melakukan pengujian sampel langsung tersebut, dinas kesehatan menggunakan tiga alat, yakni boraks tes, formalun tes, dan Ph meter.

"Boraks tes, digunakan untuk menguji kandungan boraks pada produk tersebut, Formalin untuk menguji kandungan formali dan Ph meter, sebagai alat uji busuk tidaknya daging yang dijual tersebut," ungkap kepala bidang (kabid) peternakan dan perikanan, dr Nora.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *