HEADLINE NEWS

Menilik Sisi Lain Jhon Edwin Hasbullah Caleg DPRD Sumsel Dapil VI

PRABUMULIH, PP - Ibarat kata pepatah, Tak Kenal Maka Tak Sayang sangat tepat disematkan pada politisi muda Jhon Edwin Hasbullah Caleg DPRD Sumsel nomor urut 2 Partai PSI 11 Dapil 6 Prabumulih, Pali dan Muara Enim. Meniti usaha dari nol hingga beromset Puluhan Juta per bulan sungguh patut diberi apresiasi selaku pengusaha di usianya yang masih 28 tahun.

Bagi masyarakat Prabumulih, Sebahagian besar tentu sangat mengenal sosok Jhon (panggilan akrab Jhon Edwin Hasbullah-red). Pria kelahiran 2 Februari 1990 ini tidak lain adalah owner Pandean Printing yakni salah satu usaha jasa percetakan terbesar di Kota Prabumulih. 

Percetakan yang terletak di Jalan Pandean Kelurahan Mangga Besar Prabumulih Utara Kota Prabumulih miliknya itu menjadi tempat kami wawancara Sore tadi. Hujan yang lebat dihiasi kilat dan dentuman petir semakin menghangatkan obrolan kami sore menjelang malam hari ini.

Beruntung bagiku, wawancara kali ini sedikit lancar tanpa gangguan pesanan percetakan banner dari Pelanggan akibat hujan lebat. Biasanya, pelanggan pandean Printing selalu ramai dengan pesanan banner, baliho, spanduk dll. Terlebih di tahun Politik saat ini. Belum lagi kegiatan perayaan hari besar agama dan kegiatan akhir tahun yang cukup padat membuat Pandean Printing tidak pernah sepi orderan.

"Beguyur bae Bang. Nasib percetakan mak inilah. Kadang ramai, kadang sepi" ujar Jhon membuka pembicaraan seraya menghidangkan segelas kopi di atas meja tepat di depanku. 

Dalam bincang-bincangnya dengan Posmetro Prabu, Jhon berkisah sebelum mengeluti bisnis Percetakan ia pernah terlibat dalam lingkaran anak jalanan. Termasuk menjadi bagian dari anak-anak Punk. Masak iya sih?

"Iya. Ketika itu bisa dibilang sedang mencari jati diri disamping sedikit pengaruh lingkungan dan teman-teman sekitar. Proses itu tidak begitu lama dan yang pasti kita sudah pernah  mengalami bagaimana pahit getirnya kehidupan dan suka duka sebagai anak jalanan" ujar Jhon.

Pernah berbuat tindak kriminal? 

"Tidak, Sebab saya merupakan anak punk sholeh pada zaman itu" papar Jhon setengah bergurau.

Menyadari umur yang semakin tua, Jhon sendiri mengaku langsung  hengakang dari komunitas anak punk dan merantau ke Yogyakarta mencari kerja. Dari sana ia banyak mendapatkan pengalaman dan inspirasi untuk hidup maju. 

Pada 2008 silam ia kembali ke tanah kelahiran. Berbekal pengalaman di Yogya dulu, Pengurus Komunitas Slank Prabumulih ini langsung merintis usaha percetakan. "Awal bisnis dimulai dari menerima pesanan desain banner, baliho dan spanduk. Percetakan masa itu belum punya dan masih menumpang cetak di percetakan orang" ujar Ayah dua anak itu.

Jaman itu, usaha percetakan di Prabumulih masih sepi meski sebenarnya peluangnya cukup baik. Dari sana Jhon terus berbenah hingga akhirnya sukses mendirikan usaha di bidang jasa percetakan bernama "Pandean Printing" seperti sekarang ini.

Lantas apalagi yang dikejar oleh Jhon hingga terjun ke dunia politik ketika telah sukses menggeluti bisnis percetakan?

"Untuk sekedar kebutuhan hidup, Penghasilan dari percetakan sudah lebih dari cukup. Disamping terjun ke dunia politik merupakan panggilan jiwa, juga faktor dukungan dari keluarga untuk mengabdikan diri kepada masyarakat melalui jalur Politik" terang alumni SMKN 1 Prabumulih Angkatan ke 2 itu.

Anak Pertama dari tiga bersaudara ini menambahkan, faktor lain memilih mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Sumsel pada Pemilu 2019 tidak lain ingin mewujudkan kesejahteraan yang sebenarnya kepada masyarakat. 

"Sumsel yang kaya akan sumberdaya mineral dengan tanah yang subur sangat tidak pantas ketika masyarakatnya masih banyak berada di garis kemiskinan" beberny

Dalam kesempatan itu, kepada Posmetro, Jhon kembali menegaskan keputusannya untuk masuk dalam politik sudah bulat dan telah melewati berbagai proses tahapan seleksi bakal calon legislatif daerah pemilihan 6 Sumsel dari Partai PSI 11 pada Pemilu 2019.

"Sikap politik dengan maju sebagai caleg DPRD Sumsel melalui Partai PSI semata-mata untuk memperjuangkan Masyarakat Sumsel dibawah garis kemiskinan agar harkat dan martabatnya lebih baik," tegas Jhon.

Ia berujar, menetapkan pilihan pada PSI juga bukan tanpa alasan, tapi karena partai PSI memiliki visi dan misi yang jelas terhadap masyarakat dan NKRI, serta diyakini mampu memberikan solusi terbaik bagi setiap persoalan yang ada dimasyarakat.

"Untuk itu saya meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Dapil 6 Prabumulih, Pali dan Muara Enim terkait dengan pencalonan saya ini," tutup Jhon. (jun.m)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *