Home » » Dilindungi dan Dihibur pada Masa Sulit

Dilindungi dan Dihibur pada Masa Sulit

Written By Posmetro Prabu on 24/10/18 | 24.10.18

JAKARTA, PP - Gempa bumi berkekuatan 7.5 yang menimpa Palu dan sekitarnya mengguncang kehidupan ratusan ribu orang. Di antara para korban adalah sekitar 80 Saksi-Saksi Yehuwa dan kerabat mereka. Kantor Cabang Saksi-Saksi Yehuwa di Jakarta langsung bertindak untuk melindungi dan menghibur mereka sebisa mungkin pada masa sulit ini.

Upaya untuk memberikan bantuan kemanusiaan dimulai pada malam hari gempa menimpa mereka: Jumat, 28 September. Sekitar pukul 9 malam, kurang-lebih 4 jam setelah bencana dahsyat, 80 anggota sidang jemaat Saksi-Saksi Yehuwa di Palu telah dicek dan didapati aman. 

Beberapa kena luka ringan dan cukup banyak yang kehilangan harta materi mereka. Pengiriman barang-barang bantuan kemanusiaan dari Poso, Palopo, dan Toli-Toli segera diatur. Setelah kira-kira 30 jam perjalanan darat, truk-truk pertama sudah tiba di Palu dan barang-barang tersebut disiarkan kepada semua anggota jemaat dan kerabat mereka.

Karena banyaknya gempa susulan dan karena keadaan hidup di kota Palu memburuk cepat, rencana dibuat untuk mengevakuasi semua anggota jemaat ke Poso. Di situ, Balai Kerajaan, tempat ibadah Saksi-Saksi Yehuwa, digunakan sebagai tempat tinggal sementara dan pusat distribusi bantuan kemanusiaan. Pada hari Rabu, 3 Oktober, sekitar 115 orang diungsikan ke tempat itu dan beberapa rumah dari anggota sidang jemaat Saksi-Saksi Yehuwa di Poso. 

Dapur darurat, tempat mandi, tempat makan, dan bak penampungan air dibuat bagi para pengungsi. Tenda, makanan, air minum, obat-obatan dan perlengkapan lainnya disumbangkan oleh sesama anggota jemaat. 

Beberapa wakil dari Kantor Cabang di Jakarta mengunjungi tempat pengungsian ini dari tanggal 4 sampai 9 Oktober untuk mengarahkan pekerjaan bantuan kemanusiaan dan untuk memberikan dukungan rohani dan emosional. 

Bantuan lanjutan sedang diawasi oleh Bagian Penanggulangan Bencana di Kantor Cabang Jakarta.

Di seluruh dunia, ada lebih dari 8 juta Saksi-Saksi Yehuwa yang tinggal di 240 negeri. Setiap kali adanya bencana alam, bantuan kemanusiaan diatur oleh kantor cabang setempat bagi sesama anggota jemaat dan orang lain di daerah yang kena dampaknya. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu