Home » , » Demam Asian Games Selimuti Warga Prabumulih

Demam Asian Games Selimuti Warga Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 06/08/18 | 6.8.18

PRABUMULIH, PP - Demam perhelatan olah raga tingkat Asia (Asian Games-red) kini melanda warga Kota Prabumulih Sumatera Selatan. Menjadi bagian perlintasan kirab api obor Asian Games 18-08-2018 Jakarta Palembang ternyata mampu menarik minat puluhan ribu warga Prabumulih turun ke jalan menyambut kirab api obor usai melintas di Pendopo, Kabupaten PALI.

Api abadi yang berasal dari India itu tiba di Kota Prabumulih sekitar pukul 16.30 wib. Torch relay api obor Asian Games tersebut disambut dan diterima langsung oleh Penjabat Walikota Prabumulih H Richard Cahyadi AP MSI dan disaksikan oleh Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin di depan kantor DPRD Kota Prabumulih.

Dari Walikota, tinder obor kemudian diserahkan kepada Torch Bearer (Pelari Pembawa Obor) yang diawali oleh Ketua DPRD Kota Prabumulih H Ahmad Palo SE. Api tersebut diarak lari maraton estapet yang dibawa oleh sebanyak 18 orang pelari.

Penjabat Walikota Prabumulih H Richard Cahyadi AP MSI menyampaikan sambutannya dengan antusias dan penuh semangat. Menurutnya, semua lapisan masyarakat Sumsel harus menyambut pelaksanaan Asian Games dengan penuh suka cita.

“Pelaksanaan Asian Games sudah sangat dekat, dan masyarakat Prabumulih harus turut bangga karena api Asian Games juga turut melintasi Kota Prabumulih. Hal ini tentu menjadi kebanggan kita semua. Sebagai tuan rumah, kita masyarakat Sumael harus turut serta dalam memeriahkan perhelatan besar olahraga ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Prabumulih, Sri Prameswari SH menjelaskan. Adapun penyambutan api obor diterima pertamakali oleh Sekda Kota Prabumulih di perbatasan Muara Enim-Prabumulih.

"Diterima langsung oleh Sekda Kota Prabumulih. Kemudian api ini diarak menuju garis star yang berada di depan kantor DPRD. Selanjutnya api diserahkan kepada Walikota untuk dibawa oleh para pelari yang terdiri dari seluruh unsur muspida dan atlit," ungkapnya.

Adapun rute kirab api obor Asian Games berada di sepanjang jalan protokol Jendral Sudirman. Dimulai dari depan Kantor DPRD Kota, menuju Pasar Inpres Prabumulih, Simpang Tugu Kuda, Rumah Dinas Walikota Prabumulih.

"Api obor akan disambut ceremonial di rumah dinas walikota. Disana juga akan digelar sejumlah kegiatan, mulai dari tari sambut, pagelaran seni, pengalungan medali kepada pelari, serta sambutan dari ketua tim api obor dan Walikota. Selanjutnya api akan diserahkan kepada pelari berikutnya untuk kemudian diarak maraton menuju estapet selanjutnya," bebernya.

Di estapet akhir, sambung Sri, api obor akan dibawa lari oleh Penjabat Walikota menuju check point 18 yang merupakan titik akhir. Api selanjutnya diserahkan kepada ketua tim api obor untuk kemudian dibawa menuju Kabupaten Ogan Ilir (OI).

"Sambutan masyarakat sangat luar biasa. Kirab api obor ini juga disambut oleh ribuan pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA. Ini merupakan momen langka yang patut kita banggakan. Karena Sumsel bersama Jakarta merupakan tuan rumah dalam penyelenggaraan Asian Games," tandasnya
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu