Home » , » Lapang, Gaji Kades Prabumulih Naik Lagi

Lapang, Gaji Kades Prabumulih Naik Lagi

Written By Posmetro Prabu on 18/07/18 | 18.7.18

PRABUMULIH, PP - Setelah gaji tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) akan dinaikan menjadi Rp 1 juta, kini Pemerintah Kota Prabumulih berencana akan menaikkan gaji seluruh kepala desa. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Pj Walikota Prabumulih H Richard Cahyadi AP MSI, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kota Prabumulih. Sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) untuk pejabat  Kepala Desa Pangkul, Kecamatan Cambai di Gedung Kesenian Rumah dinas Walikota, Rabu (18/07).

Dalam sambutannya, Richard menuturkan, kepala desa dan perangkat desa merupakan ujung tombak roda pemerintahan. Mengingat kendali pemerintahan dipegang langsung oleh kepala desa yang tujuannya sebagai perpanjangan tangan pemerintah.

"Apalagi kepala desa saat ini sudah memiliki anggaran sendiri dalam menjalankan program kerjanya. Mereka sama-sama memiliki wilayah, untuk itu kepala desa harus jeli dan tanggap terhadap apa yang dibutuhkan masyarkat dan desanya," ujar Richard di hadapan tamu undangan yang dihadiri oleh seluruh camat, lurah dan kepala desa se Kota Prabumulih.

Lebih lanjut Richard menuturkan, tugas seorang kepala desa tidaklah mudah. Untuk itu, sebagai apresiasi terhadap kinerja para kepala desa, dirinya berjanji akan menaikkan gaji kades dari Rp2,5 juta menjadi Rp5 juta.

"Gaji RT/RW itu tidak batal, itu bukan janji politik karena saya bukan pasangan calon yang maju dalam pilkada jadi tetap akan dinaikkan jadi Rp1 juta perbulan. Selain itu saya juga memikirkan gaji Kades harus diatas UMR (Upah Minimum Regional)," ungkapnya.

Untuk anggarannya sendiri, sambung Richard, dirinya sudah berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah. Terlebih lagi, rencana menaikan gaji kepala desa juga sudah merupakan usulan dari DPRD.

"Saya rasa untuk anggarannya siap, apalagi jumlah kepala desa tidak begitu banyak hanya 12 desa. Tidak hanya gaji kades, begitu juga dengan perangkat desanya. Sehingga kinerja pemerintahan di tingkat terendah itu akan berjalan dengan baik," tandasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu