Home » , » Apoteker Diminta Tingkatkan Kepatuhan Pasien Minum Obat.

Apoteker Diminta Tingkatkan Kepatuhan Pasien Minum Obat.

Written By Posmetro Prabu on 21/07/18 | 21.7.18

PALEMBANG, PP - Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki membuka Seminar Nasional dan Konferensi Daerah XI Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sumatera Selatan di Ballroom STIFI Bhakti Pertiwi Palembang, Sabtu (21/7).

Menurutnya, seminar yang dilakukan ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan ilmu pengetahuan IAI dan sekaligus apat memberikan kontribusi pada pelayanan kesehatan di Sumsel.

Dijelaskannya, pembangunan nasional pada intinya ditunjukkan untuk pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Hal ini sesuai dengan 9 agenda prioritas (Nawacita), seperti agenda ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan salah satu bidang yang berperan adalah kesehatan.

"Untuk itu kami harapkan Apoteker sebagai tenaga kesehatan dapat lebih berperan secara aktif dan nyata meningktakan derajat kesehatan yang dirasakan langsung oleh masyarakat Sumsel,"tutur Ishak.

Dia menilai, peran Apoteker tidak hanya sebatas pelayanan obat tetapi juga memberikan petunjuk penggunaan obat tersebut dan meningkatkan kepatuhan pasien dalam meminum obat.

"Peran organisasi Apoteker tetap terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggotanya untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat yang makin meningkat akan pelayanan kesehatan. Untuk itu saya sangat mendukung kegiatan sedang dilakukan ini,"katanya.

Selain itu, lanjut Ishak tantangan di dunia farmasi saat ini adalah masih kurangnya tenaga farmasi yang menepati puskesmas-puskesmas terutama di daerah terpencil. Oleh karen itu IAI dapat mendorong anggotanya untuk dapat mengikuti program nusantara sehat selama 2 tahun untuk ditempatkan di puskesmas-puskesmas terpencil.

Di samping itu juga, IAI diminta juga ikut terlibat secara aktif dalam sosialisasi pencegahan pengan yang mengandung formalin dan borax pada makanan jajanan anak sekolah. Serta Apoteker juga dapat melakukan sosilasiasi dalam pencegahan penggunaan narkoba di kalangan remaja.

"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan konferensi daerah dan seminar ini. Semoga konferensi pada hari ini dapat berjalan lancar sehingga nantinya didapatkan pengurus yang memajukan profesi Apoteker dimasa yang akan datang,"tutup Ishak.

Sementara itu Ketua Panitia Apoteker Afdil Kurnia berterima kasih kepada Wagub Sumsel karena bisa hadir untuk membuka Seminar Nasional dan Konferensi Daerah XI IAI Sumsel. Pada kegiatan ini juga bermaksud dan bertujuan seperti konsolidasi organisasi dan peningkatan kompetensi profesi Apoteker. Mengusung tema kegiatan ini juga "Praktek Apoteker Bertanggung Jawab".

"Diharapkan dalam kegiatan ini mudah-mudahan kompetensi dan eksistensi organisasi profesi yang kita cintai ini,"ungkapnya.

Sementara Ketua PD IAI Sumsel Burhanudin Gumay menambahkan hari ini melaksanakan dua kegiatan di antaranya seminar dan koferensi daerah. Dimana masa kepengurusan ini selama empat tahun sekali. Artinya masa bhakti kepengurusan berakhir itu empat tahun sekali dan hari ini akan memilih pengurus yang baru. " kami berterima kasih kepada para pengurus cabang dari Kabupaten/Kota Sumsel sudah hadir, mudahan-mudahan program kita kedepan lebih baik lagi,"ujarnya.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu