Home » , , » Rakor Akbar P3MD Lahat Siap Wujudkan Desa Sejahtera di Kecamatan Lahat Selatan

Rakor Akbar P3MD Lahat Siap Wujudkan Desa Sejahtera di Kecamatan Lahat Selatan

Written By Posmetro Prabu on 26/04/18 | 26.4.18

LAHAT, PP - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Lahat, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Akbar Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) dan Program Masyarakat Desa (PMD) tahun 2018, di Gedung SKB Kecamatan Lahat Selatan Rabu (24/04/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan (PMD) Lahat H. Fauzan Khoiri Denin AP. MM dan dihadiri langsung Pejabat Kejaksaan Negeri Lahat, Pejabat Kepolisian dari Polres Lahat, beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Lahat, Para Camat dan belasan Kepala Desa Kecamatan Lahat Selatan.

Handoko selaku ketua pelaksana kegiatan sekaligus staf ahli di sekretariat Pemkab Lahat dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah peserta yang ikut dalam rakor kali ini terdiri dari tenaga ahli berjumlah 6 orang, PD 56 orang, dan PLD 97 orang. Sementara rapat kordinasi ini menurutnya bertujuan untuk memperkuat senergi dalam pencegahan, pengawasan, dan penanganan masalah penggunaan dana desa. 

"Rakor ini bertujuan untuk menganalisa serta evaluasi reguler atas pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa Serta merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas BPMDes H. Fauzan Khoiri Denin AP. MM usai membuka secara resmi kegiatan Rakor mengungkapkan, baik buruk nya suatu desa di pengaruhi oleh tiga elemen. Elemen tersebut terdiri dari Kepala Desa, Operator, dan Bendahara Desa,TA, PD, dan PLD.

Oleh sebab kata dia, ketiga elemen harus dapat bersinergi dalam pembangunan Desa sebab pada prinsip nya ada liam hal yang harus di perhatikan dalam pelaksanaa pembangunan Desa. 

"Yang pertama iyalah, menghargai leadership kepemimpinan Kepala Desa. Kemudian, komitmen bersama dalam membangun desa. Yang ketiga adalah sinergitas aparat Desa mulai dari BPMD, RT, RW hingga Kepala Dusun. Kemudian yang ke empat fakta integritas dan kemampuan menguasai tehnologi. Sementara yang kelima iyalah kesadaran dan keikhlasan membangun desa yang lebih baik"paparnya.

Dikatakan,  dengan adanya ke giatan rakor akbar dirinya berharap dapat menjadi langkah evaluasi dalam pembangunan Desa sehingga dapat mewujudkan Desa yang sejahtera kedepan. *(antoni.DS)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu