Home » , » Tidak Paham, Peserta Sosialisasi SPT Tahunan Pajak Tinggalkan Ruangan

Tidak Paham, Peserta Sosialisasi SPT Tahunan Pajak Tinggalkan Ruangan

Written By Posmetro Prabu on 15/01/18 | 15.1.18

PRABUMULIH, PP - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Prabumulih menggelar Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan Pajak 2017 yang diselenggarakan di Gedung KPP Pratama lantai 4 Jalan Jenderal Sudirman Cambai Kota Prabumulih Selasa (16/01/2018).

Sosialisasi yang diadakan di Gedung Baru berlantai 5 itu dihadiri oleh puluhan peserta wajib pajak dan Direktur Perusahaan. Tim Penyuluh menyampaikan materi sedikit agak ribet dan susah dimengerti sehingga sosialisasi berlangsung mirip ujian kenaikan kelas.

Selain petunjuk pengisian SPT Tahunan, sosialisasi ini juga menyampaikan hak dan kewajiban perpajakan setelah Wajib Pajak mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi Wajib Pajak baru dan penghitungan angsuran PPh Pasal 25 bagi Wajib Pajak baru usahawan serta pengenalan program e-Filing untuk Wajib Pajak.

Memasuki program e-filing dan pengisian neraca keuangan bagi perusahaan berbentuk badan, mulai para wajib pajak meninggalkan ruangan. Penyampaian yang sedikit jelimet menjadi alasan belasan wajib pajak ini meninggalkan ruangan sosialusasi.

"Awalnya kita berharap dengan adanya sosialisasi SPT pajak Tahunan ini kita dapat memahami kewajiban kita selaku wajib pajak. Kenyataan dilapangan ternyata tidak sesuai dengan harapan. Justru kita semakin dibingungkan dengan kolom-kolom isian pembukuan laporan keuangan, periode pembukuan, kredit pajak dalam Negeri dan lampiran-lampiran lain yang cukup membingungkan" ujar salah seorang peserta Sosialisasi Ardi Afrianto.

Menurut Ardi, pihak KPP Pratama dapat lebih mudah menjelaskan atau mensosialisasikan SPT terhadap wajib pajak tanpa harus diribetkan dengan pasal-pasal dan bahasa-bahasa yang sulit dicerna.

"Maksud saya, pihak KPP pratama setidaknya bisa memahami wajib pajak yang hadir dalam sosialisasi. Apakah itu WP Baru,  badan usaha PKP, atau WP Badan non Profit seperti Yayasan, LSM dan lain-lain. Dan setidaknya ini (WP-red) bisa dibagi menjadi beberapa kelompok agar penjelasan SPT atau segala yang berkaitan dengan pajak bisa dipahami dengan mudah tanpa harus mempelajari kewajiban WP lainnya" papar Ardi.

Hal Senada juga disampaikan oleh Direktur Utama PT. Posmetro Cyber Group Jun Manurung. General Manajer Posmetro Prabu ini menjelaskan bahwa wajib pajak tidak perlu harus dipusingkan dengan hal-hal yang jelimet dan membuat bingung wajib pajak. Terlebih dengan penggunaan bahasa-bahasa yang membingungkan.

"Peserta sosialisasi yang hadir kan bukan seluruhnya para Perusahaan kelas menengah keatas yang perolehan pendapatan pertahun mencapai miliaran rupiah. Disini (peserta sosialisasi-red) banyak juga PT berbentuk Badan yang penghasilan pertahunnya bahkan  dibawah Rp.50 Juta per tahun yang tentunya format pengisian data pada formulir neraca keuangan juga berbeda" ujar pria yang biasa disapa Bang Jun itu.

Dikatakan, beberapa peserta sosialisasi banyak yang akhirnya meninggalkan tempat lantaran disuguhkan formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan.

"Mereka banyak meninggalkan tempat termasuk saya. Alasannya, perusahaan kita tergolong masih baru dan rencana baru beroperasi, tau tau langsung disuguhkan formulir isian tentang penghasilan netto fiskal, pph terhutang dan lain-lain yang semakin membuat sebagain peserta sosialisasi makin bingung dan akhirnya meninggalkan tempat" paparnya.

Jun berharap, pihaknya ingin juga disebut warga yang taat pajak tanpa harus menghadapi persoalan-persoalan yang menyita banyak waktu dan pemikiran. Kedepan, hendaknya persoalan pajak bisa lebih dipermudah agar masyarakat lebih nyaman dan mudah berurusan terlebih soal pembayaran pajak.

Pantauan portal ini, sosialisasi pajak dibuka langsung oleh Mustofa SE selaku narasumber dari KPP. Puluhan peserta wajib pajak dari berbagai badan usaha jasa termasuk yayasan pendidikan turut hadir dalam sosialisasi yang digelar KPP Pratama.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu