Home » » Neman Telat ke Pernikahan, Ridho Yahya Sindir Ketib

Neman Telat ke Pernikahan, Ridho Yahya Sindir Ketib

Written By Posmetro Prabu on 03/01/18 | 3.1.18

PRABUMULIH, PP - Walikota Prabumulih Ir.Ridho Yahya MM menyindir Ketib (Penghulu-red) yang acapkali terlambat hadir di acara pernikan untuk menikahkan pasangan yang mau menikah di Kota Prabumulih.

Di beberapa kesempatan menghadiri acara pernikahan, Ridho Yahya mengaku pernah menunggu Penghulu hingga satu jam. Tuan rumah, pasangan pengantin hingga tamu dan undangan sudah pada gelisah menunggu penghulu.

"Berbeda dengan zaman dahulu, ketib lebih dahulu datang ketimbang saya. Kalau sekarang, memang sering kali terlambat datang. Bahkan, Pak Wawako pernah nunggu hingga dua jam," sindirnya, Rabu (3/1/2018) ketika menghadiri peringatan Hari Amal Bakti (HAB) di Gedung Kesenian Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Walikota.

Dikatakan, masalah Penghulu sering datang telat ini harus menjadi perhatian Kementerian Agama (Kemenag). Sebab lanjutnya, Pernikahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau Kemenag mengalami kesulitan, untuk membayar ketib. Kita siap menganggarkan gaji ketib, supaya ketib bisa meningkatkan kerjanya. Kita siap menganggarkannya dari APBD, itu namanya baru inovasi dan sifatnya tidak menunggu," ucapnya.

Ungkapnya, sehingga ke depannya ketib tidak datang terlambat lagi, untuk melayani masyarakat melangsungkan pernikahannya.

"Jangan lagi, pasangan nikah menunggu lama kedatangan ketib untuk melangsungkan pernikahannya," jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs H Yeri Taswin MPdI menerangkan, kalau saran tersebut membangun bagi jajarannya, untuk lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

"Akan kita evaluasi bersama Kantor Urusan Agama (KUA), dan masih ada peluang untuk merekrut Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) bagi daerah-daerah yang membutuhkan. Kita menyadari dalam sehari, ketib bukan hanya satu pasangan saja menikahkan. Terkadang lebih dari itu, sehingga tak jarang terpaksa telat," akunya.

Pihaknya sendiri sangat mengapresiasi bantuan dan dukungan Pemerintah kota (Pemkot), mau menganggarkan gaji P3N melalui APBD. "Ke depannya, pelayanan pencatatan nikah akan kita tingkatkan," ucapnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu