Home » , » Impian Parman Miliki Rumah Beton Akhirnya Terwujud

Impian Parman Miliki Rumah Beton Akhirnya Terwujud

Written By Posmetro Prabu on 04/01/18 | 4.1.18

PRABUMULIH, PP - Salah satu impian terbesar Parman (59) warga Jalan Bukit Lebar, Gang Palem, RT 5, RW 4, Kelurahan Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan akhirnya terwujud. Impian sederhana memiliki rumah layak huni dan permanen itu tak lama lagi segera ia tempati. Bagi orang lain mungkin terdengar sangat sederhana, namun tidak bagi Parman.

Sebagai buruh serabutan, mengumpulkan uang puluhan juta untuk membangun rumah, bukanlah hal yang mudah. Parman bersama istri dan anaknya selama ini hanya tinggal di rumah kayu. Rumah itu dibangun puluhan tahun silam dan tidak pernah direnovasi. Tak heran jika hujan turun, banyak air menetes di sana-sini. Sebab dinding kayu banyak yang berlubang dan tidak rapat. Atap rumah berbahan terpal itu juga kerap mengalami kebocoran di beberapa titik.

"Basah terus mas kalau hujan. Atapnya banyak yang bolong-bolong. Kalau angin kencang, atapnya seperti mau terbang," ujar Parman di sela-sela acara peletakan batu pertama bedah rumah Koramil 0404 Muara Enim.

Menurut Parman, tengah malam saat hujan ia terpaksa terjaga dari tidur dan berusaha menambal beberapa kayu yang berlubang dengan papan kayu kecil. Namun tambalan tersebut tak dapat menutupi kebocoran dengan sempurna. Bahkan saking seringnya,  Parman telah terbiasa dengan semilir angin yang menembus rumah setiap malam dan tetesan hujan yang menerobos masuk ke kamar tidur.

Namun demikian, kejadian tersebut tidak akan lagi dialaminya sebab rumahnya kini telah dibongkar habis oleh tim bedah rumah Koramil 0404 Muara Enim. Rumah gubuk berdinding papan dan beratapkan terpal itu akan dibangun menjadi rumah beton permanen.

"Alhamdulilah mas, kami sangat besyukur karna impian kami bisa terwujud.  Sudah lama ingin bangun rumah beton tapi tidak mampu. Tapi sekarang sudah terwujud meski dibangun oleh Koramil 0404-02/Prabumulih," kata Parman.

Menurut Parman ia bahkan sempat kaget didatangi oleh anggota TNI beberapa waktu lalu. Dan setelah bercerita, ternyata anggota TNI tersebut bertugas untuk mensurvey rumahnya. Betapa ia merasa bahagia karna rumahnya termasuk kategori penerima bantuan pembangunan rumah tidak layak huni.

"Saya juga tidak menyangka, kalau akhirnya rumah saya dibangun jadi beton seperti ini. Yang jelas saya hanya bisa bersyukur dan berterimakasih atas bantuannya," bebernya.

Dandim 0404/MPP, Letkol Inf Teadi Aulia Mula Uji, SE, melalui Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf Sutomo mengatakan, kalau pembangunan ini merupakan yang ketiga kali di jajaran Koramil 0404-02/Prabumulih. Sementara itu, untuk di lingkungan Kodim 0404/MPP yang ke-18.

"Pembangunan rumah ini bersumber dari zakat anggota yang disisihkan dari gajinya perbulan. Terkumpul sekitar Rp30 juta perbulan, sementara itu untuk pengerjaannya dilakukan oleh anggota secara bahu membahu. Kita targetkan sekitar satu bulan, pembangunannya bisa diselesaikan," ucapnya.

Program Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat ini juga ternya mendapat perhatian dari komunitas Sosial di Kota Prabumulih. Adalah JPC (Jeep Prabumulih Community) merasa terpanggil untuk membantu sesama dan mensukseskan program Bedah Rumah oleh Kodim 0404.

Ditengah situasi ekonomi yang sulit ini, JPC Prabumulih turut menyisihkan penghasilan mereka untuk membantu sesama. Dalam kegiatan tersebut, Komunitas pencinta olahraga Off-Road di Bumi Seinggok Sepemunyian turut menyimbangkan 30 kotak keramik untuk pembangunan rumah Parman.

"Jangan dilihat dari nilainya. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan seperlunya. Dengan bantuan keramik sebanyak 30 dus ini mudah-mudahan dapat membantu kekurangan pembangunan rumah pak Parman" ujar Ketua JPC Prabumulih Deni Victoria melalui Om Ang salah seorang anggota dan pengurus JPC Prabumulih, Kamis (04/01/2018).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih HM Kowi, Ssos, MSi mewakili Walikota Prabumulih dalam acara peletakan batu pertama bedah rumah menyamoaikan apresiasinya atas kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah teritorialnya.

"Kita berharap pembangunan bedah rumah ini, terus berlanjut. Jelas dengan ini Pemerintah sangat terbantu guna mengentaskan kemiskinan di Kota Prabumulih" ujarnya.

Kowi menambahkan, makin banyak pihak yang berpartipasi membangun rumah tidak layak huni. Jelas meringankan upaya Pemkot dalam mengentaskan kemiskinan dalam penyediaan rumah layak huni.

"Semakin cepat dan terus dirasakan manfaatnya oleh warga kurang beruntung, untuk punya rumah layak huni,” terangnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu