Home » , , » Dipimpin Sekretaris KPU, Coklit di Kelurahan Cambai Berjalan Lancar

Dipimpin Sekretaris KPU, Coklit di Kelurahan Cambai Berjalan Lancar

Written By Posmetro Prabu on 19/01/18 | 19.1.18

PRABUMULIH, PP - Komisi Pemilihan Umum Daerah, (KPUD) Kota Prabumulih hari ini mulai melaksanakan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) secara serentak demi kepentingan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Sumsel 2018.

"Gerakan coklit serentak akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, dimulai pada hari ini,
Sabtu (20/01/2018) dan berkahir pada 28 Februari 2018 di daerah yang menggelar pilkada termasuk Kota Prabumulih. Target coklit sendiri tiap satu PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih) dalam satu hari itu lima rumah," ujar Ketua KPUD Kota Prabumulih M.Takhyul melalui Sekretaris KPU Dinerson SH, MH  di sela-sela mendampingi pelaksanaan Coklit di rumah Wasrab (53) salah satu warga di Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai Kota Prabumulih.

Dikatakan, untuk Coklit hari ini berjalan lancar dan tidak ada kendala dilapangan. Seluruh warga yang ditemui di wilayah kelurahan Cambai lanjutnya, sangat terbuka menyambut kedatangan petugas PPDP. "Tujuan utamanya hanya pencocokan data dari KPU ke data warga. Menambah tau mengurangi data pemilih. Menambah dalam artian apabila dalam KK tersebut terdapat data pemilih pemula yang telah memiliki KTP. Sementara mengurangi adalah ketika PPDP
menemukan data pemilih meninggal dunia dan menjadi anggota TNI Polri. TNI baik Polri tidak bisa memberikan hak suara dalam pemilu sebab mereka netral" ujarnya.

Data yang dapat dihimpun posmetroprabu dilapangan, Gerakan Coklit serentak di Kelurahan Cambai melibatkan 11 orang Petugas. 6 Orang petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), 1 Panitia pengawas lapangan (PPL), 1 Orang Panitia Pemilihan
Kecamatan (PPK), 2 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 1 orang Komisioner KPU Prabumulih yakni Dinerson Sekretaris KPU Kota Prabumulih.

Untuk diketahui, Pelaksanaan pemilihan kepala daerah dilakukan di 171 daerah, pelaksanaan coklit serentak akan melibatkan 381 daerah termasuk kabupaten/kota di 17 provinsi yang akan menyelenggarakan pilkada.

Gerakan coklit serentak yang dilaksanakan hari ini sebagai upaya KPU dalam menyusun daftar pemilih yang akurat pada pelaksanaan Pilkada 2018, nantinya dijadikan dasar daftar pemilih sementara untuk Pileg dan Pilpres 2019.

Seluruh komisioner KPU, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten turun langsung ke lapangan untuk bersama-sama PPK, panitia PPS, PPL PPDP melakukan
pencocokan dan penelitian.

Data yang dapat dihimpun dari KPU Puast, Total yang terlibat dalam coklit serentak hari ini adalah tujuh komisioner KPU pusat, 155 anggota KPU provinsi, 1.905 anggota KPU kabupaten/kota, 27.820 petugas PPK, 193.602 petugas PPS, dan 385.791 orang PPDP.

"Kalau semuanya itu bergerak dengan target satu PPDP mampu menjangkau lima rumah, maka akan ada 1.928.955 rumah yang dicoklit secara serentak mulai 20 Januari nanti," Tegas Ketua KPU RI, Arief Budiman.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu