Home » , , » Dusun ini, Rawan Pangan Dan Gizi

Dusun ini, Rawan Pangan Dan Gizi

Written By Posmetro Prabu on 21/12/17 | 21.12.17

BATURAJA, PP - Sebanyak Sembilan desa dari 157 desa dan kelurahan di Kabupaten OKU rawan pangan dan gizi. Karena mereka tergolong prioritas 1 dan 2 yakni cenderung rentan terhadap kerawanan pangan dan gizi. Sesuai data peta ketahanan dan kerentanan pangan (Food Securyty and Vulnerability Altas-FSVA) 2016

Desa yang masuk prioritas 1 ada 4 desa yang tersebar di tiga kecamatan. Yakni di Kecamatan Sosoh Buay Rayap ada satu desa. Kemudian, Kecamatan Muara Jaya ada dua desa. Dan Kecamatan Lengkiti ada satu desa.

Sedangkan yang masuk prioritas dua ada lima desa. Yang tersebar di tiga kecamatan. Meliputi Kecamatan Lengkiti ada satu desa. Kecamatan Muara Jaya ada tiga desa dan Kecamatan Peninjauan ada satu desa.

“Namun, kondisi ketahanan pangan dan gizi telah meningkat. Dibandingkan dengan FSVA 2012 lalu. Dimana ditemukan 11 desa berada pada prioritas 1,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU, John Herly.

Karakteristik penyebab utama tingginya kerentanan terhadap kerawanan pangan di OKU ada beberapa hal. Seperti, tingginya rumah tangga tanpa fasilitas tempat BAB. Kemudian, tingginya penduduk dengan tingkat kesejahteraan rendah. “Selanjutnya, tingginya rumah tangga tanpa akses air bersih,” imbuhnya.

Diharapkan adanya karakteristik penyebab utama tersebut,  bisa memberikan petunjuk yang lebih baik. Kepada para pengambil kebijakan untuk meningkatkan efektivitas dan penentuan program ketahanan pangan. “Serta dapat digunakan sebagai salahsatu bahan acuan penyusunan program dalam pemanfaatan dana desa,” urainya.

Nantinya,  adanya hasil analisis dari FSVA, program ketahanan pangan yang akan diterapkan disesuaikan dengan permasalahan yang ada di desa tersebut. Melihat karakteristik penyebab utama kerentanan pangan.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu