Home » , , » Pemkab Muara Enim Gandeng AKBID Sosialisasikan Germas

Pemkab Muara Enim Gandeng AKBID Sosialisasikan Germas

Written By Posmetro Prabu on 22/11/17 | 22.11.17

GELUMBANG, PP - Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan akademi kebidanan (AKBID) Muara Enim menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Gelumbang Rabu (22/11/2017). Acara yang dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Gelumbang itu tampak dihadiri ratusan warga sekitar.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim Hj Shinta Paramita, Sosialisasi Germas sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bagi setiap warga masyarakat untuk hidup sehat. 

“Hidup sehat itu tidak hanya semata-mata menjadi tanggung jawab Pemerintah. Namun lebih dari itu, Kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama” ujar Shinta yang juga Isteri Bupati Muara Enim tersebut.

Menurut Shinta, ada beberapa point penting dan perlu diperhatikan masyarakat pada Germas. Diantaranya, menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit/hari, konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, menjaga lingkungan agar selalu bersih, dan menjaga kesehatan diri sendiri.

“Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini biaya obat di rumah sakit semakin meningkat, sehingga  masyarakat diharapkan mampu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Dengan demikian setidaknya kita mampu mengurangi dan menekan penyakit pada diri sendiri" pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Akbid Muara Enim HJ. Rita Kamalia.  M. Kes. Dalam kesempatan tersebut Rita mengungkapkan bahwa program Germas sejauh ini mereka lakukan dengan cara menjemput bola. Dimana langkah yang ditempuh yakni mendatangi masyarakat dengan cara door to door.

Dikatakan, layanan ini sangat tepat dilakukan sebab masyarakat belum banyak yang memahami apa itu Germas. Nah dengan demikian setidaknya telah banyak warga yang tergerak untuk mensosialisasikan Germas kepada sesama. Maka dengan demikian, Pepatah Sehat itu mahal telah tersampaikan dengan baik sejauh ini, pungkasnya.

Sementara itu, Camat Gelumbang AM.Musaseq.Sip.M.Si pada kesempatan tersebut mengungkapkan terimakasih kepada rombongan Tim Penggerak PKK yang bekerjasama dengan AKBID Kabupaten Muara Enim yang telah bekerja eksta memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang Germas di wilayah Gelumbang.

"Terimakasih kepada Rombongan Tim Penggerak PKK dan AKBID Muara Enim yang telah bersusah payah mensosialisasikan program Germas secara langsung terhadap masyarakat. Semoga apa yang telah dilakukan dapat menjadi berkah dikemudian hari demi terwujudnya Masyarakat Muara Enim yang Sehat sesuai dengan Program Pemerintah" ujarnya.

Pantauan posmetroprabu.com, pada sosialisasi Germas kali ini juga turut dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian vitamin kepada ibu hamil, dan pemberian obat-obatan secara gratis kepada masyarakat.

Turut hadir dalam acara yakni Asisten II Bidang Ekonomi Pemkab Muara Enim Amrullah, SE, Unsur Pimpinan Kecamatan Gelumbang yang terdiri dari Kapolsek, Danramil, Camat, Kepala KUA Kecamatan Gelumbang, Kades dan Lurah se Kecamatan Gelumbang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, PKK tingkat Kecamatan, Pelajar hingga Masyarakat Gelumbang. (Anil)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu