Home » » Meriahkan HUT Kota, JPC Prabumulih Gelar Kejurnas Off-Road Seri II

Meriahkan HUT Kota, JPC Prabumulih Gelar Kejurnas Off-Road Seri II

Written By Posmetro Prabu on 02/10/17 | 2.10.17

PRABUMULIH, PP - Dalam waktu dekat ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Prabumulih ke 16-Tahun, warga Kota Prabumulih akan disuguhkan dengan hiburan berlabel tingkat Nasional memperebut yakni Kejuaraan Daerah (Kejurda) Seri I dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Adventure Off-Road Individual Nonwinch seri ke II di Sirkuit Talang Jimar Jalan Lingkar Kota Prabumulih, 21-22 Oktober 2017.

Acara sendiri tentu saja di gagas oleh Komunitas Jepp Prabumulih yang akrab disebut oleh warga sekitar dengan sebutan JPC Prabumulih yang di nakhodai oleh Deni Victoria selaku ketua umum. Sekedar informasi, JPC sendiri telah beberapa kali menggelar acara belabel Nasional seperti Kejurnas Grasstrack di sirkuit yang sama 2015 silam, kemudian Jelajah Bumi Seinggok Sepemunyian (JBSS) 2016 dan Kejurnas Off-Road Seri II 2017.

Kepada Posmetro Prabu, Deni Victoria mengungkapkan bahwa pihaknya siap memberikan hiburan bertaraf Nasional Kepada warga Kota Prabumulih dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kota Prabumulih ke 16-Tahun bertajuk Kejurnas . Disini nantinya kata Deni, warga Prabumulih bisa menyaksikan secara langsung mobil-mobil Off-Roaf yang bermain di tingkat Nasional dengan kelas mulai dari 2500 cc hingga 8000 cc.

Persiapannya sendiri lanjut Deni sudah mencapai 75 %. Mulai dari kepanitian, peralatan, pendanaan hingga tim medis sudah rampung. "Alhamdulilah persiapan sudah matang. Baik dukungan dari ikatan motor Indonesia (IMI), Indonesia Off Road Federation (IOF) dan Pemerintah Kota seluruhnya mendukung bahkan peserta Kejurda maupun Kejurnas Off-road dari luar Propinsi sudah banyak yang mengkonfirmasi kehadiran. Tinggal lagi Sirkuit Talang Jimar yang belum seratus persen" ujar Deni.

Dikatakan, Hal tersebut mengingat sirkuit masih dipergunakan untuk acara Kejurda Grass Track yang digelar oleh Team 444 Adi Susanto. Setelah itu lanjutnya pihaknya akan segera membenahi Sirkuit bersama team dari IOF selaku pihak yang berwenang, paparnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejurda dan Kejurnas Offroad  Seri II Algazali mengaku sangat bangga mampu menggelar kegiatan off road berlabel kejuaraan Nasional di Kota Prabumulih. Terlebih lanjutnya selain orang nomor satu di Kota Prabumulih, orang nomor satu di Pangdam II Sriwijaya bakal hadir di tengah acara.

"Jujur saja bahwa kegiatan ini sebelumnya belum pernah digelar di Kota Prabumulih. Ini murni inisiatif teman-teman di Komunitas JPC yang bermaksud menggelar kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Prabumulih ke-16 tahun dengan tujuan dapat memperkenalkan Kota Tercinta kepada masyarakat luar. Selain memeriahkan HUT Kota Prabumulih ke 16 juga untuk memperkenalkan olahraga Offroad kepada masyarakat" ujarnya.

Menurut pria yang biasa disapa Om Ang itu, hingga saat ini sudah ada sekitar 40 peserta yang mendaftarkan diri mengikuti Kejurnas tersebut. Dia menargetkan hingga hari sebelum pelaksanaan peserta akan bertambah hingga mencapai rautasan orang.

"Peserta yang sudah terdaftar berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari lombok, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bandung, Riau dan Semarang dan juga Jambi. Selebihnya tentu peserta berasal dari Kabupaten Kota di Sumsel untuk mengikuti Kejurda seperti Prabumulih, Linggau, Palembang, Muba dan lainnya" papar Om Ang.

Om Ang menambahkan, penjurian sendiri diambil alih Oleh IOF Sumsel dan Pusat dan nantinya peserta akan menjajal lima track SCS yang disediakan. Setiap track rata-rata memiliki panjang 300 - 500 meter. Kontur tiap track-nya pun cukup menantang bagi para offroader.

"Dengan demikian nantinya pertandingan akan menghasilkan persaingan tersendiri bagi para peserta," tuturnya.

Menariknya lagi, track yang disediakan tidak melulu lumpur dan bukit yang curam. Dan yang pasti di beberapa bagian track akan ada  "jebakan" dengan tujuan agar offroader tidak harus memacu mobilnya sekencang mungkin.

"Disebut ekstrem tidak juga. Hanya saja kami sedang berupaya memberikan pengalaman berbeda kepada mereka," papar Om Ang.

Disinggung mengenai kategori yang dilombakan, Om Ang menuturkan peserta akan terbagi dalam empat kategori. Untuk Kejurnas sendiri mengunaan kategori G1-G4 dengan spesifikasi kendaraan suspensi standar mulai dari 2500 cc hingga 8000 cc. Sementara untuk Kejurda memperlobakan dua kelas yakni kelas Under dan Upper. Kelas Under sendiri mulai dari 0 - 2500 cc dan Kelas Upper mulai dari 2500 cc dan seterusnya.

Tidak lupa Om Ang berharap dukungan seluruh element masyarakat agar kegiatan dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Karna bagaimanapun lanjutnya kegiatan ini berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat juga, pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu