Home » , » RSUD Prabumulih Segera Resmikan Unit Layanan Cuci Darah

RSUD Prabumulih Segera Resmikan Unit Layanan Cuci Darah

Written By Posmetro Prabu on 25/03/17 | 3/25/2017

PRABUMULIH, PP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih dalam waktu dekat akan segera meresmikan unit layanan cuci darah (Hemodialisa) bagi pasien yang membutuhkan cuci darah.

Dengan adanya unit layanan hemodialisa di RSUD Prabumulih ini setidaknya dapat menjawab keluhan pasien yang selalu dirujuk ke luar daerah jika membutuhkan layanan cuci darah.

Demikian disampaikan Direktur RSUD Kota Prabumulih dr, Hj Rusmini SKM melalui Kepala TU RSUD Kota Prabumulih Adi Kuanto S.Kep saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (24/03/2017)

Menurut Adi Kuanto, layanan cuci darah ini sebenarnya sudah lama ditunggu-tunggu warga Prabumulih namun baru tahun ini bisa direalisasikan. Ruangan dan alat sudah dipersiapkan termasuk sejumlah tenaga medis yang telah mendapat pelatihan khusus serta telah memiliki sertifikat.

"Kemungkinan besar dalam bulan ini, gedung Hemodialisa RSUD Prabumulih segera di resmikan oleh Bapak Walikota Prabumulih dan saat itu juga unit layanan cuci darah resmi difungsikan. Untuk menunjang operasional gedung, sejumlah tenaga medis yang telah memiliki sertifikat, dokter dan perawat juga sudah dipersiapkan" ujar Adi.

Dikatakan, selain telah menyiapkan tenaga medis, pihak RSUD juga telah mengajukan kerja sama dengan BPJS sebagai penjamin pembiayaan layanan kesehatan masyarakat. Pihak BPJS menurut Adi telah menyetujui kerjasama tersebut.

Sementara untuk pembiayaan layanan cuci darah, Adi Kuanto mengatakan bahwa RSUD Prabumulih mengenakan tarif sesuai standar.

 "Sesuai aturan, tarif yang diterapkan untuk cuci darah di RSUD menggunakan standar pelayanan rumah sakit , yakni sebesar Rp 800.000. Hal ini juga telah disepakati bersama BPJS. Adanya unit layanan cuci darah di RSUD Prabumulih merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Prabumulih untuk terus meningkatkan layanan kesehatan publik malaui pelayanan dan langkah-langkah untuk mengembangkan RSUD secara bertahap. Mudah-mudahan dengan dibukanya layanan cuci darah dapat meringankan beban masyarakat" tegas Adi.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu