Home » » Pencairan Dana Desa Talang Batu Ditunda

Pencairan Dana Desa Talang Batu Ditunda

Written By Posmetro Prabu on 07/02/17 | 7.2.17

PRABUMULIH, PP - Dari 12 Desa yang ada di Kota Prabumulih, dipastikan hanya Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) yang akan mendapat sanksi administrasi berupa penundaan pencairan Dana Desa (DD) tahun 2017. Diberikannya sanksi tersebut lantaran  besarnya silva Dana Desa untuk Desa Talang Batu yang mencapai 80 persen.

"Serapan dana desa 2016 di desa Talang Batu hanya sekitar 20 persen. Untuk itu desa tersebut diberikan sanksi administrasi berupa penundaan pencairan dana desa di tahun ini," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan dan Desa (BPMPKD) Drs Aris Apriadi MSi melalui Kabid Kelurahan dan Desa Sarpan Zahir, Selasa (7/2).

Lebih lanjut Sarpan menuturkan, minimnya penyerapan realisasi DD tahun 2016 di Desa Talang Batu karena pengaruh pergantian Kepala Desa.

"Karena ada pergantian kepala desa yang baru. Bukan karena Dana Desa digunakan untuk kepentingan pribadi atau lainnya," katanya.

Dengan dijatuhinya sanksi administrasi untuk pencairan DD tahun 2017 tersebut, lanjut Sarpan. Desa Talang Batu harus terlebih dahulu menyelesaikan program yang sudah tertunda.

“Dana yang silva masih bisa dilanjutkan, dan itu harus diselesaikan dulu dengan membuat program baru atau bisa melanjutkan program lama. Baru kemudian bisa mengusulkan untuk pencairan tahun berikutnya,” imbuhnya.

Kedepan Sarpan berharap penyerapan DD yang masih sangat rendah tak lagi terjadi. Sebab, untuk pencairan DD tahun 2018 pemerintah pusat memperketat sanksi bagi Desa yang realisasinya terserap sangat minim.

“Tahun ini masih enak, hanya sebatas penundaan pencairan saja. Ditahun 2018 nanti pusat akan mengurangi  dana sebesar yang tidak terlaksana ditahun 2017. Seperti misalnya nanti ada yang hanya 30 persen terealisasi, berarti dana yang dipotong sebesar yang tidak terlaksana yakni 70 persen,” tandasnya seraya menegaskan akan terus memantau dan memberikan sosialisasi kepada seluruh desa terkait penggunaan Dana Desa.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu