Home » , , » Pemkot Optimis Tahun ini Angka Pengangguran Prabumulih Berkurang

Pemkot Optimis Tahun ini Angka Pengangguran Prabumulih Berkurang

Written By Posmetro Prabu on 24/02/17 | 24.2.17

PRABUMULIH, PP - Pemerintah Kota Prabumulih optimistis tahun ini (2017-red) perekonomian Kota Prabumulih akan tumbuh dengan baik sehingga diperkirakan dapat menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas. Prediksi ini juga diperkuat dengan makin meningkatnya minat investor berinvestasi di Kota Prabumulih.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih Zulkifli AB, SE. MM saat disambangi Posmetro Prabu di ruang kerjanya kemarin Kamis (23/02/2017).

Dikatakan, selain lowongan kerja dari badan usaha milik swasta (BUMS), Program pemerintah penanaman padi sawah seluas 350 Ha di Kelurahan Payuputat juga dinilai mampu menjadi penyumbang penambahan kesempatan kerja bagi pengangguran di Kota Prabumulih.

"Beberapa badan usaha swasta seperti yang kita ketahui telah sepakat untuk berinvestasi di Kota Prabumulih. Seperti City Mall di Jalan Lingkar, Lippo di Jalan Sudirman dan JM di eks Polsek Timur. Ditambah program Pemerintah Kota Prabumulih dari sektor pertanian tentu sangat memungkinkan untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi warga yang pengangguran" ujarnya

Terkait upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di Kota Prabumulih menurut Zulkifli, Instansi yang dipimpinnya saat ini tengah fokus pada pelatihan kewirausahaan yaitu sebanyak 272 orang. Jumlah tersebut nantinya akan dipecah menjadi 17 paket pelatihan kerja yang tiap paketnya berjumlah 16 orang. Sementara dananya sendiri bersumber dari APBN dan telah siap untuk dilaksanakan.

"Untuk diketahui, Pemerintah Kota Prabumulih dalam upaya penekanan angka pengangguran juga melibatkan semua sektor dalam mencari peluang kesempatan kerja di dalam dan di luar negeri, terutama yang bersifat formal guna mengurangi pekerja informal. Penciptaan kesempatan kerja lokal lainnya seperti usaha mandiri, padat karya, teknologi tepat guna juga telah banyak direalisasikan. Khusus 2017, Sebanyak 172 orang peserta yang berhasil mengikuti pelatihan seperti menjahit, perbengkelan mesin motor dan mobil, tata rias hingga servis hape  akan mendapatkan bantuan modal usaha " papar Zulkifli.

Data per tahun 2015 berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran di Kota Prabumulih mencapai 5534 orang. Berdasarkan tingkat pendidikan, jumlah tersebut diantaranya, 1000 orang lulusan SD, 758 orang lulusan SMP, 1988 Lulusan SMA, 727 Lulusan SMK, 251 lulusan diploma/akademi dan 810 lulusan Sarjana. Sementara data per 2016, menurut Zulkifli belum masuk secara keseluruhan.

"Peningkatan angka Pengangguran di Kota Prabumulih berdasarkan pengalamandisebabkan karena per tahunnya umumnya siswa SMA/SMK baru saja lulus. Selama 3 bulan pertama setelah kelulusan, para lulusan SMK baru dalam proses mencari kerja. Namun setelah itu, biasanya akan berubah. Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang membaik, diperkirakan bahwa tingkat pengangguran untuk kelompok SMA/SMK akan mengalami penurunan sebanyak 35%" tandasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu