Home » , » 350 Ha Sawah di Payuputat Siap Ditanami Padi

350 Ha Sawah di Payuputat Siap Ditanami Padi

Written By Posmetro Prabu on 03/02/17 | 3.2.17

PRABUMULIH, PP - Lahan seluas 350 hektare di Kelurahan Payuputat Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih untuk tahun ini (2017-red) kembali mendapatkan  bantuan benih padi dari Kementrian Pertanian RI.

Lahan sawah yang mengandalkan air pasang surut aliran Sungai Lematang tersebut dalam waktu dekat siap ditanami padi rawa jenis Ciherang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih Drs Syamsurizal kepada posmetroprabu.com di ruang kerjanya Jumat (03/02/2017).

Dikatakan, program penanaman padi tahun ini memiliki kelebihan tersendiri. Dimana padi yang bakal ditanam oleh warga petani maupun kelompok tani akan di asuransikan. Hal tersebut diwacanakan untuk mengantisipasi kerugian petani saat padi yang ditanam mengalami gagal panen.

"Demi mewujudkan Program Swasembada pangan, Pemerintah telah menggandeng pihak asuransi untuk membantu para petani yang mengalami gagal panen. Artinya, padi yang ditanam sebelumnya akan diasuransikan, dengan catatan petani harus membayar premi terhadap pihak asuransi sebesar Rp.35.000 per hekatare. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kerugian petani jika mengalami gagal panen" ujar Syamsurizal.

Disinggung berapa dana yang diterima petani dari pihak asuransi jika para petani mengalami gagal panen, Syamsurizal mengungkapkan dana yang diterima para petani akan disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.

"Soal pembayaran nantinya akan disesuaikan dan tentunya ada pasal-pasal yang mengatur kriteria gagal panen seperti apa. Nah sepengetahuan kita jika petani mengalami gagal panen, pihak asuransi akan membayarkan petani yang gagal panen sebesar Rp 6.000.000" ujar Syamsurizal.

Lebih lanjut Syamsurizal mengungkapkan, lahan 350 ha itu nantinya akan dikelola oleh 350 orang petani. Dengan demikian, tiap 1 ha sawah akan dikelola oleh satu orang petani. Diperkirakan dengan menanam padi jenis Ciherang dapat menghasilakan minimum 3,5 ton gabah padi tiap 1 ha.

"Awalnya Pemkot Prabumulih mengajukan bantuan bibit padi ke Kementrian itu untuk kepentingan sawah 500 ha . Namun yang direalisasikan hanya 350 ha. Untuk pengelolaannya sendiri adalah dengan cara  tiap satu hektare sawah dikelola oleh satu orang petani. Dengan menanam padi rawa jenis Ciherang ini nantinya bisa menghasilkan 3,5 ton gabah padi tiap satu hektar lahan" ujarnya.

Untuk itu, supaya program penanaman padi terus berlanjut, Syamsurizal  berharap kepada para petani padi agar tetap konsisten dan tidak lagi mengubah profesinya sebagai petani padi. Pemerintah lanjutnya akan terus berupaya mendukung para petani dengan memberikan bantuan berupa bibit maupun alat pertanian terhadap para petani.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu