Home » » Pemecatan Sepihak, Irma Suryani Datangi PTPN Cinta Manis OI

Pemecatan Sepihak, Irma Suryani Datangi PTPN Cinta Manis OI

Written By Posmetro Prabu on 05/01/17 | 5.1.17

INDRALAYA, PP - Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE MM, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PTPN VII Cinta Manis, Kamis (5/1/2016), terkait laporan serikat buruh yang diberhentikan secara sepihak belum lama ini. Saat itu puluhan pekerja yang tergabung dalam serikat buruh menyuarakan aspirasinya ketika Irma mengunjungi Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Irma Suryani kepada awak media menuturkan, bahwa sidak yang dilakukannya ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi serikat buruh kepadanya beberapa waktu lalu, terkait PHK yang dilakukan secara sepihak oleh PTPN VII Cinta Manis.

"Hasilnya memang kita temui ada beberapa pelanggaran normatif yang dilakukan perusahaan. Saat ini 19 pekerja yang diberhentikan sudah ditarik kembali bekerja, sedangkan 35 pekerja belum bersedia bekerja lagi dikarenakan masih ada tuntutan yakni cuti dan uang bbm," ujar Irma sesaat setelah mendapat jamuan dari Plt Bupati OI.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, tuntutan ke 35 orang pekerja tersebut tidak sesuai dengan peraturan, karena tergantung dengan kebijakan perusahaannya, boleh dipenuhi ataupun tidak. Namun kata Irma, dirinya menemukan pelanggaran yang dilakukan vendor perusahaan outsourcing, dimana pekerjanya belum didaftarkan pada asuransi BPJS.

"Disini saya tegaskan kepada perusahaan agar semua pekerja yang tergabung wajib terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Karena jika tidak tentu melanggar undamg-undang. Saya juga meminta perusahaan untuk memberikan punishmen kepada vendor yang telah lalai tersebut," jelas Irma.

Lanjut Irma, dirinya juga meminta Pemkab dan DPRD OI untuk mengawal hasil sidaknya tersebut, karena pihak vendor outsourcing berjanji dalam waktu dekat akan segera mendaftarkan seluruh pekerjanya ke BPJS. "Saya berharap ini dikawal, jangan sampai nanti dibiarkan saja oleh perusahaan," tukasnya.

Sementara Plt Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam mengaku telah menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OI untuk segera turun memantau langsung ke PTPN VII Cinta Manis. "Saya sendiri pun akan mengawalnya, apa yang sudah dijanjikan perusahaan harus segera dieksekusi, mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai prosedur," tegasnya.


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu