Home » , » Masa Kontrak Habis, Pekerjaan Proyek Balai Karya Pasar II Masih Jalan

Masa Kontrak Habis, Pekerjaan Proyek Balai Karya Pasar II Masih Jalan

Written By Posmetro Prabu on 04/01/17 | 4.1.17

PRABUMULIH, PP - Meski kontrak pengerjaan proyek milik Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih di tahun anggaran (TA) 2016 sudah berakhir, namun sejumlah proyek fisik masih terus dikerjakan hingga Januari 2017. Seperti proyek Rehab Balai Karya di Jalan M Yamin belakang Telkom Kota Prabumulih. Terlihat Proyek dengan pagu anggaran Rp. 1,922 M itu hingga saat ini masih dikerjakan.

Seperti tampak pada gambar, beberapa bagian bangunan tampak dikebut pengerjaannya oleh belasan pekerja di gedung serbaguna yang biasa disebut warga sekitar dengan Balai Karya itu. Data di lapangan, masih banyak kekurangan dalam pekerjaan proyek, seperti Jendela Gedung yang belum terpasang, pintu, instalasi listrik, dinding bagian dalam sebahagian belum di cat sepenuhnya serta beberapa bagian luar gedung lainnya juga masih tampak semberaut.

Warga sekitar yang memantau perkembangan proyek juga turut memberikan komentar saat Posmetro Prabu melakukan tinjauan. Andre (39) warga M Yamin menyayangkan lambannya pengerjaan proyek yang dikerjakan pihak kontraktor bernama CV  Karya Putra Merapi itu menyelesaikan rehab gedung balai karya. Padahal lanjutnya, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaanya. Termasuk warga sekitar sangat mendukung pelaksanaan pekerjaan rehab gedung tersebut.

Saat diminta menilai persentase pekerjaan proyek, pria berkulit sawo matang ini mengungkapkan realisasi pekerjaan proyek masih 60 persen.

"Kalau menurut pengamatan kita masih 60 persen. Pasalnya masih banyak bagian gedung yang belum diselesaikan pekerjaannya. Artinya beberapa bagian bangunan masih banyak yang gantung. Seperti jendela, pintu, ventilasi, lantai dan bagian luar yang masih semberaut"ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kontraktor pelaksana pembangun rehab gedung serbaguna CV Karya Putra Merapi saat dikonfirmasi soal penyebab keterlambatan belum dapat memberikan tanggapan. Dihubungi melalui telepon selulernya terdengar nada aktif namun tidak menjawab.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Prabumulih selaku kuasa pengguna anggaran yang di konfirmasi melalui Kepala Dinas M. Supi ST terkait proyek ini mengaku bahwa progres proyek rehab gedung Balai Karya sudah 90 persen.

"Ia benar, saat ini proyek Balai Karya masih di kerjakan. Masa kontrak proyek tersebut telah diperpanjang sesuai pengajuan pihak kontraktor. Addendumnya kita setujui karna realisasi proyek sudah mencapai 90 persen. Tinggal finishing saja dan hanya menyelesaikan beberapa bagian yang kecil-kecil sehingga dengan perpanjangan kontrak yang kita berikan proyek tersebut telah selesai seratus persen sesuai adendum" ujar Supi singkat menjawab posmetroprabu.com.

Sayangnya Supi tidak menjelaskan detil perpanjangan masa kontrak kerja yang dimaksud. Apakah pekerjaan tersebut akan dikenakan denda dan pemotongan dana proyek atau bukan. Berdasarkan ketentuan, bagi proyek yang mengalami keterlambatan bisa diberikan waktu penyelesaian pekerjaan proyek selama 50 hari kedepan (perpanjangan kontrak). Dengan catatan, pekerjaan tersebut akan dilakukan denda dan pemotongan dana proyek. Artinya untuk yang terlambat penyelesaian pekerjaannya akan dikenai denda.

Di tempat terpisah, pengamat pembangunan yang juga ketua LSM Lembaga Pemantau dan penyelamat aset Daerah Mulwadi sangat menyayangkan pemberian perpanjangan masa kontrak pekerjaan proyek rehab Balai Karya di Jalan M Yamin Kota Prabumulih.

Menurutnya, dasar pemberian perpanjangan kontrak sangat tidak masuk akal sebab tidak ada hal-hal yang sensitif yang mengganggu jalannya pelaksanaan proyek. Namun meski demikian pihaknya menghormati keputusan pihak Dinas PU Kota Prabumulih dengan catatan Pihak PU diharapkan dapat memberikan sanksi tegas terhadap kontraktor pelaksana dan tidak cukup hanya sekedar melakukan denda, tegas Mulwadi.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu