Home » » Guru SMA Kota Prabumulih Belum Terima Gaji. Pemkot Angkat Tangan

Guru SMA Kota Prabumulih Belum Terima Gaji. Pemkot Angkat Tangan

Written By Posmetro Prabu on 06/01/17 | 1/06/2017

PRABUMULIH, PP - Sejumlah guru SMA dan SMK Negeri di Kota Prabumulih banyak yang mengeluh. Pasalnya, para guru tersebut hingga saat ini belum mendapatkan gaji yang seharunya sudah diterima sejak awal bulan. Namun, hingga saat ini belum satupun guru SMA dan SMK yang menerima gaji. Wulan, salah satu guru SMA di Kota Prabumulih mengaku kesulitan lantaran belum mendapatkan gajinya. Padahal banyak biaya yang harus ia keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sudah di cek di rekening tapi belum masuk. Padahal lagi butuh uang untuk biaya rumah tangga, buat bayar listrik, air, sekolah anak dan kebutuhan lainnya," ujarnya saat dibincangi wartawan kemarin (5/1). Dirinya mengaku, sejak ditariknya kewenangan pengelolaan SMA dan SMK oleh provinsi, nasib mereka makin tidak jelas.

"Kalau kondisinya seperti ini terus kan kita di daerah yang sulit. Kalau mau mengurus sesuatu harus ke Provinsi dulu," katanya. Hal senada juga disampaikan oleh Ratna yang mengaku jika kondisi tersebut sangat menyulitkan para guru. Pasalnya mereka bingung mau mengeluhkan kondisi tersebut kemana. "Kita mau melapor dan menanyakan masalah ini ke Disdik tidak dilayani. Karena status kita bukan lagi PNS Pemkot Prabumulih. Dari Disdik provinsi pun juga belum ada jawaban," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, HM Rasyid SAg saat dikonfirmasi terkait masalah gaji para guru SMA tersebut mengaku jika masalah tersebut bukan lagi ranah Disdik Kota Prabumulih.

"Itu sudah bukan urusan kita lagi, karena kewenangannya sudah ada di Provinsi. Baik masalah status kepegawaiannya sampai masalah gaji. Apa kendalanya sampai belum dibayarkan kita kurang jelas," jelas Rasyid. Tidak hanya status guru PNS saja, Rasyid mengaku status guru honorer di tingkat SMA dan SMK juga menjadi tanggung jawab Disdik Provinsi.

"Hal ini sudah merupakan kebijakan dari Kemendagri yang menyatakan status guru honorer SMA dan SMK di daerah juga wewenang provinsi. Begitu juga dengan gajinya yang pengelolaannya dibayarkan oleh provinsi," tegas Rasyid.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu