Home » , , , » Dirjen Migas Bantah Proyek Jargas Prabumulih Banyak Bermasalah

Dirjen Migas Bantah Proyek Jargas Prabumulih Banyak Bermasalah

Written By Posmetro Prabu on 20/01/17 | 20.1.17

PRABUMULIH, PP - Terkait banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelaksanaan proyek pelaksanaan jaringan gas ke rumah warga yang belum terpasang secara menyeluruh ditanggapi dingin oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) RI  IGN Wiratmaja melalui Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Ditjen Migas Kementerian ESDM, Alimudin Baso.

Kepada wartawan Alimudin Baso mengungkapkan bahwa, pelaksanaan infrastruktur proyek jaringan gas kota sebanyak 32.000 sambungan telah selesai seratus persen.

"Bersadasarkan laporan yang kita terima dari kontraktor, proyek fisik jaringan gas kota telah selesai seratus persen. Soal belum rampungnya penyambungan konverter kit (aliran gas ke kompor rumah tangga-red) hal tersebut menjadi tanggungjawab sub contraktor seperti PD Petro Prabu yakni salah satu perusahaan milik pemerintah daerah Kota Prabumulih" ujarnya disela-sela acara peninjauan pelaksanaan jaringan gas rumah tangga di Gedung Uji Kompetensi Pertamina EP Prabumulih siang tadi Jum'at (19/01/2017)

Dikatakan, pemasangan sambungan jaringan gas (Jargas) kota sebanyak 32000 sambungan rumah tangga dinyatakan telah selesai 100 persen. Meskipun telah dinyatakan selesai, namun sambungan jargas tersebut belum bisa dialiri secara menyeluruh.

"Secara fisik pemasangan jaringan gas ini sudah selesai. Tinggal beberapa pekerjaan saja yang belum dikerjakan secara keseluruhan, seperti penyambungan konverter kit yang menyambungkan gas ke kompor rumah tangga," ujar Alimuddin.

Lebih lanjut Alimuddin yang didampingi Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menuturkan, jika pemasangan konverter kit sudah selesai pun, masih butuh waktu agar aliran gas benar-benar tersalurkan ke rumah tangga. Setidaknya dibutuhkan waktu 10 bulan agar gas bumi bisa teraliri ke seluruh sambungan rumah tangga.

"Untuk itu kita harus cek sebelum gas ini dialirkan ke rumah-rumah. Ini harus diuji coba dulu. Apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada yang bocor maka harus diperbaiki. Masa perbaikan diberi waktu selama satu tahun," bebernya.

Disinggung masih adanya pengerjaan jaringan gas kota yang belum selesai, dirinya mengaku jika hal tersebut tidaklah benar. Pasalnya, pihaknya telah menerjunkan tim khusus yang disebar di lapangan untuk pengecekan pekerjaan tersebut.

"Data yang kita terima menyatakan seperti itu. Maka dari itu kita bersama dengan walikota turun langsung untuk melakukan pengecekannya. Secara fisik sudah selesai semuanya," tandasnya

Tidak hanya itu, bekas galian jaringan gas yang dilakukan oleh pihak konsorsium pun dibiarkan terbengkalai tanpa adanya perbaikan

Dalam peninjauan tersebut, Dirjen Migas sempat berbincang-bincang dengan beberapa masyarakat yang rumahnya telah dipasangi fasilitas jaringan gas dan menyosialisasikan manfaat menggunakan gas bumi.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu