Home » » Beri Kemudahan Pendaftaran IPO, OJK Petakan Daerah Yang Prospek Ekonominya Bagus

Beri Kemudahan Pendaftaran IPO, OJK Petakan Daerah Yang Prospek Ekonominya Bagus

Written By Posmetro Prabu on 18/01/17 | 18.1.17

JAKARTA, PP - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto mengatakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu memetakan daerah-daerah yang prospek ekonominya bagus agar lebih disegerakan untuk melakukan pendaftaran pernyataan penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) sehinga kebijakan tersebut bisa lebih optimal.

"Pendaftaran IPO bisa dilakukan di daerah sebuah upaya positif untuk lebih mendorong perusahaan-perusahaan di daerah agar bisa go public lebih mudah dalam urusan administrasinya," kata Eko Listiyanto di Jakarta, Selasa (17/1).

Eko Listiyanto mengatakan, kebijakan ini harus disertai dengan upaya sosialisasi yang cukup agar perusahaan di daerah tertarik untuk IPO.

Menurutnya minat sebuah perusahaan daerah untuk mendaftkan IPO salah satunya akan ditentukan oleh perkembangan perekonomian daerah setempat dan perekonomian pada umumnya.

"Jika prospek perekonomian daerah belum menguat, maka perkiraan saya IPO masih akan sepi peminat," ujarnya.

Oleh karena itu, Lanjut dia, upaya mempermudah pelayanan IPO ke daerah-daerah ini perlu diikuti dengan upaya menumbuhkan potensi ekonomi daerah.


Pihaknya juga menyebutkan, kalau penyerapan APBN terutama belanja modal bisa lebih baik dari tahun lalu, prospek pasar modal akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.


Beberapa waktu lalu OJK memberikan kemudahan bagi perusahaan yang ingin masuk pasar modal. Lembaga ini akan mengizinkan perusahaan mendaftarkan pernyataan penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) melalui kantor perwakilan OJK di daerah. Selama ini, pernyataan pendaftaran IPO harus di kantor pusat OJK yang berlokasi di Jakarta.


Selain itu juga OJK telah menyetujui usulan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait relaksasi transaksi margin. Otoritas berharap kebijakan tersebut dapat meningkatkan transaksi harian di pasar saham dan mendorong perusahaan efek untuk menambah modal.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu