Home » , » Katanya Presiden Jokowi Akan Datang Tinjau Proyek Jargas Kota Prabumulih. Mana?

Katanya Presiden Jokowi Akan Datang Tinjau Proyek Jargas Kota Prabumulih. Mana?

Written By Posmetro Prabu on 30/12/16 | 12/30/2016

PRABUMULIH, PP – Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM tampak enggan memberikan tanggapan seputar permasalahan pelaksanaan proyek pemasangan sambungan jaringan gas kota (Jargas) saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan Kamis kemarin (29/12/2012). Terkait pekerjaan proyek yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) menurut orang nomor satu di Kota Prabumulih itu, bukanlah wewenangnya memberikan komentar karna Anggaran pemasangan jaringan gas bukan bersumber dari APBD.

Jangankan berkomentar seputar kedatangan Presiden Joko Widodo ke Prabumulih untuk melakukan peninjauan pelaksanaan proyek Jaringan gas rumah tangga, memberikan tanggapan mengenai progres proyek saja Ridho Yahya tampak enggan.

"Berbeda dengan Proyek APBD yang wewenangnya penuh berada di kita. Itu (Proyek Jargas-red) merupakan proyek Pemerintah Pusat yang wewenangnya dan bahkan pelaksananya juga berasal dari Pusat. Proyek Jargas, Proyek Stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) itu adalah proyek pusat. Nah kalau proyek pembangunan jalan lingkungan, pengadaan gerobak, PTM silahkan ditanya karna itu wewenang Pemerintah Kota" ujar Ridho Yahya.

Belum diketahui secara pasti apa pertimbangan Ridho Yahya yang enggan mengomentari pelaksanaan proyek 12 ribu sambungan jaringan gas kota yang pelaksanaanya diresmikan secara langsung oleh Menteri ESDM RI Sudirman Said Maret 2016 silam. Berbeda dengan sebelumnya. Pemerintah Kota Prabumulih bahkan sempat menggemborkan Presiden RI Ir Joko Widodo Desember 2016 akan hadir di Kota Prabumulih melakukan peninjauan secara langsung penggunaan Jaringan Gas Kota Prabumulih yang menelan dana Rp.500 miliar tersebut.

Muncul dugaan, perubahan sikap Pemerintah Kota pada proyek yang satu ini diakibatkan carut marutnya pelaksanaan proyek dilapangan. Hingga memasuki 2017 yang tinggal dalam hitungan jam saja, pelaksanaan pengerjaan di beberapa wilayah Kota Prabumulih masih banyak yang amburadul. 

Pantauan Posmetro Prabu, dua lokasi kelurahan Cambai dan Gunung Ibul, belasan pemilik rumah atau calon pelanggan gas kota mengaku hingga hari ini jaringan gas belum terpasang ke rumah. Sementara sebahagian pengerjaan proyek jargas lainnya terkesan dibiarkan terbengkalai oleh para pekerja.

Sebut saja Ismail (35) warga Perumahan Bima Citra (Teletabies) Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai. Pemilik rumah itu mengaku sejak enam bulan terakhir pipa induk dan pipa jalur di rumahnya sudah dipasang oleh petugas gas kota. Namun hingga saat ini meteran jargas belum jua terpasang. Dirinya juga bingung lantaran untuk pekerjaan sambungan pipa untuk satu rumah saja bisa mencapai tiga pemborong. 

"Khusus untuk yang menggali orangnya lain, yang memasang pipa lain dan bagian pemasangan meteran juga lain. Jadi, jangan berharap kita dapat keterangan pasti soal kapan dipasang meteran apabila bertanya kepada tukang yang memasang pipa" ujarnya

Selain permasalahan diatas tersebut, Ismail menambahkan, bekas galian tanah pemasangan pipa hingga saat ini juga masih dibiarkan menumpuk begitu saja.

“Setahu saya proyek jargas di sini dimuali sejak Juni 2016. Jadi tercatat sudah enam bulan lamanya pemasangan jargas. Namun hingga pengujung tahun ini meteran gas belum juga terpasang” keluh Ismail dibincangi kemarin.

Permasalahan seputar belum dipasangnya meteran gas ke rumah-rumah di Kompleks Bima Citra Menurutnya, sudah dipertanyakan langsung oleh warga kepada pihak pelaksana pengerjaan proyek gas kota dengan harapan agar dapat segera ditindaklanjuti. Namun, dalam kenyataannya sampai sekarang tak kunjung ada tindakan.

Kemudian pengaduan yang kedua, kata Ismail, ia bersama warga lain langsung mendatangi kantor PT WIKA yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tepat berada di seberang markas Yonzipur Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur sekitar pada Selasa (06/12/2016) yang lalu dan masih belum juga ada tanggapannya.

"Secara pribadi kami sangat mendukung proyek jargas di Kota Prabumulih. Buktinya jika ada permasalahan dilapangan seperti yang kita saksikan saat ini, warga komplek langsung mengadukan kepada pihak pelaksana proyek dan berharap keluhan warga seputar pengerjaan jaringan gas segera ditrindaklanjuti. Namun faktanya dilapangan sangat berbeda, karna tidak satupun pengaduan kita yang cepat mendapat tanggapan hingga memasuki 2017 proyek sambungan gas kota ke rumah kami masih amburadul. Jelas kita sangat kecewa" ujarnya.

Terakhir ia berharap kepada pihak Pemkot Prabumulih dapat segera mengambil langkah untuk segera menanggapi keluhan warga seperti yang dialaminya. “Kami sebagai warga hanya bisa berharap kepada Walikota Ridho Yahya itulah. Sebab sepengetahuan kami beliau sangat peduli dengan masyarakat, tolong keluhan gas kota ini cepat ditanggapi karena proyek ini memang bukan proyek main-main dan harusnya menjadi kebanggaan Kota Prabumulih" imbuhnya.

Sementara di lokasi kelurahan Gunung Ibul, tepatnya di kawasan Jalan Belintung Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih Timur, dua warga juga mengeluhkan hal yang sama yakni Ahmad Rifa’i (46), Sudarsono (43). Keduanya mengeluh belum terpasangnya jaringan gas kota ke tempat tinggal mereka itu.

“Kalu rumah kami belum nian tepasang pak. Sudah kami kasih tau, malah justri waktu awal bulan ini tadi katonyo nak pasang masuk ke tambahan bae agek. Kami jadi malak dewek pak nak ngasih tau lagi, kami datangi berapo kali dan tanggapannyo agek-agek terus ngomongnyo nak dipasang, sampe mak ini hari belum jugo,” tukas kedua pria itu belum lama ini.

Sedikit mengutip sambutan Menteri ESDM RI Sudirman Said, Proyek jaringan gas di Prabumulih merupakan proyek infrastuktur migas terbesar dengan anggaran nyaris Rp 500 miliar. 

“Di antara kontrak yang ditandatangani dihadapan Presiden tanggal 29 Februari 2016 lalu, saya sampaikan bahwa pembangunan jargas Prabumulih merupakan kontrak terbesar dengan nilai Rp 493,5 miliar," kata Sudirman saat meresmikan proyek ini di Taman Kota Prabumulih, Senin (21/03/2016) silam. (pp/rd)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu