Home » , » Kapolres Andes : Satu Kasus Korupsi Proyek APBD Prabumulih Telah Dilimpahkan ke Kejaksaan

Kapolres Andes : Satu Kasus Korupsi Proyek APBD Prabumulih Telah Dilimpahkan ke Kejaksaan

Written By Posmetro Prabu on 31/12/16 | 12/31/2016

PRABUMULIH, PP - Meski tidak sebanding dengan jumlah kasus tindak pidana Kriminal yang berhasil ditangani Polres Prabumulih, Namun satu kasus Korupsi penyimpangan keuangan Negara yang bersumber dari APBD Kota Prabumulih tahun 2012 yang ditangani oleh Polres Prabumulih setidaknya bisa diacungi jempol.

Saat ini menurut Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE MM berkas dugaan Korupsi Proyek pembangunan jalan APBD Kota Prabumulih 2012 telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih guna penyelidikan lebih lanjut.  

"Saat ini berkasnya telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih guna penyelidikan lebih lanjut. Doakan saja semoga kasusnya dapat berakhir ke pengadilan" ujarnya di aula rapat Mapolres Prabumulih saat menggelar rilis pengungkapan kasus 2016, Jumat (30/12/2016).

Sementara itu, berbagai kasus tindak pidana lainnya sepanjang 2016 di wilayah hukum Polres Prabumulih berdasarkan penyidikan yang dilakukan aparat Polres Prabumulih terjadi akibat Narkoba dan berujung pada Narkoba pula. Artinya, sebelum melakukan tindak pidana, para pelaku kebanyakan telah mengkonsumsi Narkoba terlebih dahulu dan setelah berhasil kembali kepada narkoba pula.

Dalam rilis kasus sepanjang 2016, Polres Prabumulih menerima sebanyak 734 kasus kejahatan konvensional. Dari jumlah tersebut, baru sebanyak 262 kasus atau 36 persennya bisa diselesaikan oleh jajaran Polres Prabumulih hingga ke Pengadilan.

Kapolres menuturkan, dari sekian banyak kasus yang ditangani jajarannya, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) yang masih mendominasi. Dengan jumlah perkara sebanyak 143 dan baru 57 atau sekitar 40 persen kasus diselesaikan.

Sementara untuk kasus curanmor, jumlah kasus yang diterima sebanyak 45 kasus dengan pengungkapan sebanyak 8 kasus. Kasus pencurian kekerasan (curas) yang terjadi sebanyak 40 kasus dengan jumlah pengungkapan sebanyak 7 kasus. Kemudian, pencurian kekerasan dengan menggunakan senpi sebanyak 45 kasus dan yang diungkap sebanyak 8 kasus.

Kepada sejumlah Wartawan Perwiran Menengah wanita dengan dua melati di pundaknya itu mengatakan, banyaknya kasus pencurian yang belum terungkap dikarenakan lambannya korban dalam melaporkan tindak kejahatan yang dialami.

"Kalau kejadiannya hari ini dan baru dilaporkan besok atau lusa, bagaimana kita bisa bergerak cepat untuk mengungkapnya. Apalagi wilayan Prabumulih merupakan jalur perlintasan yang dapat memudahkan pelaku untuk cepat melarikan diri ke luar kota" ujarnya.

Dikatakan, agar proses pelaporan kejadian tindak kejahatan cepat disampaikan, pihaknya telah membuat sistem panic button yang terintegrasi dengan sistem informasi di internal kepolisian. "Jadi warga yang menjadi korban, bisa memencet tombol panik dan dalam hitungan menit, petugas yang berpatroli bisa langsung tiba di TKP" ujar Andes didampingi sejumlah Pejabat Polres Prabumulih.

Kasus yang menonjol lainnya yakni penyalahgunaan narkoba dengan jumlah tindak perkara sebanyak 86 kasus. Pelaku yang ditahan sebanyak 105 tersangka dengan barang bukti sabu sebanyak 235,3 gram, ekstasi sebanyak 13,54 gram atau 43 butir dan ganja seberat 32,135 kg.

"Kasus narkoba menjadi salah satu prioritas kita dalam hal pemberantasannya. Mengingat narkoba merupakan muara terjadinya tindak pidana lainnya. Untuk itu langkah tegas terhadap pelaku narkoba selalu kita terapkan agar dapat meminimalisir peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Prabumulih" tegas Andes

Kedepan lanjutnya, pemberantasan narkoba masih menjadi prioritas utama dalam program kerja Polres Prabumulih di 2017 mendatang. Polres Prakan tetap fokus dalam hal pemberantasan narkoba. Untuk itu peran serta masyarakat sangat kita butuhkan agar peredaran narkoba di Prabumulih dapat berkurang.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu