Home » , » Payu Putat Masih Tergenang Banjir

Payu Putat Masih Tergenang Banjir

Written By Posmetro Prabu on 17/11/16 | 17.11.16

PRABUMULIH, MS - Hujan yang mengguyur Kota Prabumulih Selasa kemarin (15/11/2016) masih menyisakan pilu bagi masyarakat di kawasan Kelurahan Payuputat Kota Prabumulih.

Hingga hari ke tiga pasca Prabumulih diguyur hujan, Ratusan rumah dan Kebun Karet penduduk Kelurahan Payu Putat masih tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa.

Akibatnya, perekonomian warga setempat terganggu.

Budiman (45) warga setempat mengatakan, air luapan sungai Lematang sudah menggenangi rumah dan kebun karet penduduk. “Ya, air Sungai Lematang meluap. Jadi kami sudah tiga hari ini terendam banjir,”ungkap Budiman, Kamis (17/11).

Memang diakui dia, banjir ini sudah sering terjadi setiap tahunnnya. “Kalau musim hujan, pasti daerah ini sering terjadi banjir. Ya, banjir bisa mencapai 1 meter,” jelasnya.

Dikatakan dia, saat ini warga masih bertahan dirumah. “Kalau sudah air setinggi 1 meter, ya kami terpaksa mengungsi ketempat saudara yang tidak terkena banjir,” pungkasnya.

Akibat banjir itu juga, penduduk Kelurahan Payu Putat terpaksa tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari. “Penduduk disini banyak yang berkebun karet dan bersawah. Jadi, adanya banjir ini kita tidak bisa berkebun,” ujarnya.

Senada, Harni (35) menuturkan, sangat khawatir adanya banjir tersebut. “Semua kegiatan tidak bisa dilakukan. Semua kebun digenangi air. Mana kami mau mencari nafkah kalau begini,” pungkas Harni.

Untuk itu, ia mengharapkan sekali pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. “Kami minta Pak Ridho (Walikota Prabumulih, red) dan anggota dewan Prabumulih untuk datang melihat langsung dan membantu masyarakat Payu Putat. Takutnya terjadi yang tidak diinginkan,” pintanya.

Berdasarkan pantauan, banjir sudah mencapai 60 Cm. Kebun dan rumah penduduk semuanya tergenang air. Warga memanfaatkan banjir tersebut dengan menjala ikan yang banyak keluar dari tanggul.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu