Home » » Dinilai Pekerjaan Tidak Beres, Calon Konsumen Jargas Datangi Kontraktor Pelaksana

Dinilai Pekerjaan Tidak Beres, Calon Konsumen Jargas Datangi Kontraktor Pelaksana

Written By Posmetro Prabu on 07/11/16 | 7.11.16

PRABUMULIH, PP - Beberapa calon konsumen jaringan gas Kota Prabumulih mengaku resah dengan sistem pekerjaan yang dilakukan pihak kontraktor dalam penyambungan jaringan gas ke rumah-rumah warga. Pasalnya pihak kontraktor seolah sengaja meninggalkan pekekerjaan pemasangan jaringan gas ke rumah calon konsumen tanpa alasan yang jelas.

Salah seorang calon konsumen gas Kota Prabumulih Kandarian (34) warga Perum Vina Sejahtera IV blok DE II No 02 RT 05/09 Kelurahan Gunung Ibul Prabumulih Timur Kota Prabumulih bersama beberapa konsumen lainnya terpaksa mendatangi pihak kontraktor pelaksana pekerjaan pemasangan jaringan gas kota di Jalan Sudirman depan Mako Yon Zipur guna mempertanyakan sistem pekerjaan yang diterapkan ke calon konsumen siang tadi Senin (07/11/2016).

Menurut Kandarian, sudah tiga bulan ini pekerjaan jaringan gas di rumahnya ditinggalkan oleh pekerja tanpa alasan yang jelas. Sementara lanjutnya, semua tetangga sekeliling rumah bahkan seluruh rumah di Perumnas IV Vina Sejahtera seluruhnya sudah terpasang kecuali di rumahnya.

"Setahu saya pemasangan awal mulai tanggal 18 Agustus 2016. Nah sampai sekarang meteran jaringan gas belum terpasang sementara beberapa bagian bangunan sudah di bobol demi pemasangan pipa gas. Parahnya lagi seluruh tetangga saya baik kiri, kanan, depan dan belakang rumah sudah terpasang semua. ini kan aneh" ujar Riyan kepada posmetroprabu.com di kediamannya siang tadi Senin (07/11/2016).

Melihat ada gelagat yang tidak beres, pihaknya bersama konsumen lainnya langsung mendatangi kantor Kontraktor pelaksana pekerjaan tersebut di Jalan Jenderal Sudirman Depan Yon Zipur Kota Prabumulih untuk meminta penjelasan soal pekerjaan yang diduga sengaja ditinggal pergi oleh pekerja tersebut.

Kontraktor Pelaksana PT Rekind yang dikonfirmasi melalui Humas PT Rekind Rasyid membenarkan telah didatangi oleh beberapa warga di kantornya terkait permasalahan pemasangan jaringan gas kota. Menurut Rasyid, kedatangan warga calon konsumen tersebut untuk mempertanyakan seputar keterlambatan pekerjaan meteran jaringan.

"Ia benar, tadi ada beberapa warga yang datang ke kantor mempertanyakan soal keterlambatan pemasangan meteran gas. Saat ini permasalahan tersebut masih kita tampung untuk selanjutnya dilakukan pengecekan ke lokasi dan dilakukan pemasangan" ujarnya.

Dikatakan, pada perinsipnya keseluruhan pelanggan yang sudah terdata masih banyak yang belum dipasang seratus persen mengingat tenaga kerja yang terbatas. Namun demikian kata Rasyid, pihaknya optimis di waktu yang tersisa seluruh pelanggan yang sudah terdata pasti akan dipasang keseluruhan.

Di tempat terpisah, Nasional Coruptions Watch (NCW) Kota Prabumulih menilai, pelaksanaan proyek pekerjaan jaringan gas kota Prabumulih tidak sesuai SOP. Bahkan, NCW menilai dalam pelaksanaannya dilapangan proyek ini terindikasi Pungli.

Kepada PWI Kota Prabumulih melalui suratnya bernomor 002/EXT/DPD-NCW/PBM/XI/2016 mengatakan bahwa, berdasarkan temuan dilapangan oleh tim investigasi NCW ditambah dengan laporan warga, ditemukan adanya tindak pidana pungli dalam pelaksanaan pemasangan jaringan ke rumah konsumen.

Untuk itu seperti dikutip dari surat NCW yang ditujukan ke PWI Cabang Koya Prabumulih, NCW Kota Prabumulih akan melakukan pemanggilan kepada manajemen PT Rekind dan PT.Petro Prabu selaku pihak yang bertanggungjawab dalam proyek bernilai Rp.500 miliar tersebut untuk meminta klarifikasi indikasi Pungli dan pelaksanaan pekerjaan proyek yang tidak sesuai SOP.

Pertemuan itu direncanakan besok Selasa (08/11/2016) pukul 14.00 wib di kantor DPD NCW Kota Prabumulih Jalan Jenderal Sudirman Kompleks pertokoan central plaza A5/6 lantai 2 Gunung Ibul Barat.

NCW selaku lembaga pemantau penyelenggara dan mitra kerja KPK, Polri, MA, Kejagung dan Komisi Yudisial berharap kerjasama pihak PT Rekind dan Petro Prabu untuk dapat hadir memenuhi panggilan guna terwujudnya pelaksanaan proyek pemerintah yang transparan dan akuntabel.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu