Home » » Mengungkap Persekongkolan Jahat di Proyek Jalan Guntur Muara Dua

Mengungkap Persekongkolan Jahat di Proyek Jalan Guntur Muara Dua

Written By Posmetro Prabu on 25/10/16 | 25.10.16

PRABUMULIH, PP - Ada dugaan persengkongkolan jahat dilakukan oleh pihak pemborong jalan Guntur di Kelurahan Muara Dua pada proyek pembangunan jalan lingkungan di Perumahan milik salah satu oknum Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil Prabumulih. Persekongkolan jahat yang dimaksudkan adalah, pada proyek ini ada bagian-bagian khusus yang sengaja dibuat oleh pemborong sebagai batas-batas pemeriksàn fisik (STA) oleh badan pemeriksaan Keuangan (BPK).
Batas ini nantinya dimungkinkan akan menjadi sasaran BPK dalam melakukan pemeriksaan fisik bangunan. Pada proyek yang baru memasuki 25 persen tersebut terlihat ada beberapa STA yang diduga sengaja digali khusus untuk membuat ketebalan pada bangunan oleh kontraktor sebagai sasaran pemeriksaan fisik oleh lembaga berwenang nantinya.
"Berdasarkan pengalaman kita, jarak antara titik yang satu (STA-red) ke titik berikutnya berkisar 25 meter. Biasanya rumus ini kerap digunakan oleh Lembaga berwenang memeriksa fisik bangunan. Dugaan kita titik-titik pemeriksaan ini sengaja dibuat agar proyek nantinya setelah pemeriksaan dapat dibayar seratus persen dan seolah-olah pekerjaan sesuai dengan RAB. Nah coba diperiksa dilain tempat atau ukuran pemeriksaan dirubah, bisa dipastikan proyek ini tidak akan dibayar seratus persen. Intinya, sejauh pengamatan kita, metode ini kerap dilakukan oleh kontraktor untuk melaksanakan dan mengerjakan proyek yang bersumber dari APBD khususnya di Prabumulih" ujar Hardiman salah seorang pengamat yang turut serta meninjau Proyek Pembangunan Jalan Lingkungan di Perumahan milik oknum Anggota DPRD Sumsel itu.
Sementara itu, Warga sekitar yang ditemui Posmetro Prabu di sekitar proyek mengaku belakangan ini cukup terganggu karena proyek terlalu lama dibiarkan. Tumpukan batu krokos yang belum dipadatkan membuat warga sulit melintasi jalan menggunakan kenderaan ditambah musim hujan membuat jalan semakin licin. Terlebih ada beberapa galian persegi empat dengan kedalaman 10 - 12 cm berada ditengah-tengah jalan.
Menurut warga sekitar, proyek yang tidak memiliki papan nama ini bersumber dari dana Aspirasi DPRD Propinsi. Nah hal ini juga yang membuat masyarakat bertanya-tanya mengapa proyek dana aspirasi tersebut yang peruntukkan untuk warga tidak mendapatkan perhatian Khusus dan dikerjakan terkesan asal jadi.
Untuk memastikan proyek ini bersumber dari Dana Aspirasi DPRD sumsel, Posmetro Prabu mencoba menghubungi salah satu Anggota DPRD Sumsel Kamirul. Saat dikonfirmasi, Kamirul membenarkan proyek jalan Guntur benar bersumber dari Dana Aspirasi. Menurutnya ada beberapa paket pekerjaan di Wilayah Dapilnya yang bersumber dari Dana Aspirasi.
Dikatakan, pelaksanaanya saat ini sudah menjadi tanggung jawab SKPD. Pihaknya hanya mengusulkan saja ke Pihak Pemerintah dan aspirasi yang diterima merupakan pekerjaan yang prioritas serta memiliki plafon anggaran. 
"Sejauh yang kita ketahui, proyek aspirasi sudah dikerjakan. Pada umumnya usulan aspirasi tersebut adalah proyek fisik. Dengan ini kita berharap pekerjaannya dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada demi kesejahteraan masyarakat tegasnya.
Ketua RT setempat Kelurahan Muara Dua Kota Prabumulih Haryono yang dikonfirmasi juga membenarkan bahwa proyek tersebut sepengetahuannya bersumber dari Dana Aspirasi. Sayangnya pihaknya tidak mengetahui siapa pemilik atau orang yang bertanggungjawab dengan pekerjaan itu. Sejauh ini sudah ada beberapa warga yang bertanya soal pekerjaan proyek tersebut baik itu dari media maupun masyarakat sekitar terkait mengapa tidak dibubuhkan asal sumber dana proyek, ujar Haryono.
Hal senada juga disampaikan oleh Warga sekitar Parman (46). Menurutnya, pihaknya telah menghubungi kontraktor guna mempertanyakan mengapa proyek itu tidak segera diselesaikan. Namun jawaban kontraktor lanjut Parman, cuaca yang belum kondusif. Jawaban pemborong masih musim penghujan. Nanti jika cuaca sudah membaik kata kontraktornya akan segera diselesaikan. (pp/ab)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu