Home » , » Karya Mulya Mengejar Mimpi

Karya Mulya Mengejar Mimpi

Written By Posmetro Prabu on 01/10/16 | 1.10.16

PRABUMULIH, PP - Selamat datang di Desa Karya Mulya. Ucapan tersebut terkesan biasa saja disetiap kita memasuki wilayah pedesaan. Biasanya Ucapan selamat datang tersebut dituliskan pada prasasti atau gapura pintu masuk Desa. Namun pembahasan kali ini bukanlah menyangkut kalimat ucapan selamat datang. Namun lebih daripada itu, Desa yang dimaksud pada tulisan kali ini adalah, pencapaiannya yang telah menembus batas.

Desa Karya Mulya nun jauh dipenghujung Kota Prabumulih ternyata punya segudang cerita dan Prestasi. Secara Geografis, Desa ini berada di wilayah Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Kota Prabumulih. Tercatat, Desa Karya Mulya adalah desa terluas di Kecamatan RKT yakni 11 km2 atau sekitar 15,21 persen dari luas wilayah Kecamatan.

Menariknya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2016, Jumlah penduduk di desa Karya Mulya berkisar  2.470 jiwa. 1238 diantaranya adalah laki-laki dan 1232 perempuan. Maka dipastikan Jumlah penduduk laki-laki dan perempuan di desa ini hampir sama jumlahnya. 

Selain itu, masyarakat yang bertempat tinggal di Kecamatan RKT cukup beragam, baik dalam hal mata pencaharian,suku, bahasa, karakter dan agama. Sebagian besar penduduk Kecamatan RKT menganut agama islam. Kegiatan ibadah penganut agama islam didukung dengan adanya 35 tempat ibadah yang tersebar di tiap kelurahan, yang terdiri dari 21 masjid , 14 musholla / langgar. Sedangkan bagi penganut agama lain tersedia 1 gereja dan 1 pura. Dimana tempat ibadah itu berada di Desa Karya Mulya.

Desa ini merupakan salah satu desa transmigran. Salah satu keunikan desa ini yakni Penduduknya cukup beragam, mulai dari agama dan suku bangsa. Meski perbedaan ras, agama, dan suku bangsa sangat kental ternyata tidak membuat warga desa menjadi terpecah belah. Justru malah sebaliknya. Warga Desa Karya Mulya sangat menjunjung tinggi rasa persaudaraan.

Bahkan dengan itupulalah yang membuat desa ini semakin dikenal ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Masak iya sih?

Prestasi Desa Karya Mulya tahun ini dipastikan akan masuk dalam nominasi tanaman obat keluarga (Toga) tingkat Nasional. Hal ini diketahui dengan telah masuknya tim penilai PKK Pusat ke Desa Karya Muya dalam rangka Lomba Pemanfaatan hasil Toga Tingkat Nasional Tahun 2016.

Menurut Kepala Desa Karya Mulya Miril Firacha kepada posmetroprabu.com mengungkapkan, Desa Karya Mulya pada Tahun 2015 lalu tercatat sebagai juara harapan dengan kegiatan lomba yang sama di tingkat Nasional. Untuk tahun ini pihaknya ingin mewujudkan mimpi meraih juara satu umum lomba pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (Toga) tingkat nasional.

Hal tersebut diyakini berpeluang besar sebab warga desa jauh sebelumnya banyak yang membudidayakan tanaman obat. Baik yang secara khusus maupun hanya sekedar memanfaatkan taman rumah. "Bisa kita lihat seluruh warga rata-rata memanfaatkan lahan taman rumah bertanam tanaman obat seperti, jahe, kencur, kunyit, sambiloto, Seray, Sirih, Pare, Kumis Kucing, pandan, Mengkudu, Srikaya, lengkuas, brotowali dan masih banyak lagi" ujar Kades Miril.

Untuk pemanfaatannya sendiri lanjut Miril, Warga desa kadang meramu tanaman tersebut menjadi jamu dan sebahagian lagi dijual kepasar. Pembudidayaan tanaman obat di desa Karya Mulya memang sudah sejak lama, namun yang diangkat ke permukaan baru sekitar dua tahun belakangan atau sekitar tahun 2014 dan langsung di ikutkan ke lomba Toga tingkat Provinsi. "Alhamdilillah hasilnya sangat memuaskan dan Desa Karya Mulya tercatat sebagai juara satu tingkat Provinsi Sumsel" papar Miril.

Tidak lupa Miril berharap dengan adanya lomba pemanfaatan Toga tahun ini diharapkan dapat meningkatkan minat warga Kota Prabumulih untuk membudidayakan tanaman obat keluarga dan mampu memanfaatkan lahan rumah untuk bertanam Toga. Selain mampu menghiasi taman juga manfaatnya sangat besar bagi kesehatan karna pada setiap tanaman tersebut mengandung puluhan khasiat bagi kesehatan tubuh, ungkap Miril.

Kepada Pemerintah, Miril sangat berharap besar dapat memberikan bantuan guna memicu semangat warga desa memberikan yang terbaik pada lomba tingkat nasional. Sebab lanjutnya jika Desa Karya Mulya mampu menembus juara satu tingkat nasional bukan lagi sekedar membawa desa. Lebih dari itu, nama Kota Prabumulih serta Provinsi Sumatera Selatan juga turut dipertaruhkan, tandasnya. (pp/red)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu