Home » , » Dewan Pesimis Proyek Jargas Prabumulih Selesai Tepat Waktu

Dewan Pesimis Proyek Jargas Prabumulih Selesai Tepat Waktu

Written By Posmetro Prabu on 30/10/16 | 30.10.16

PRABUMULIH, PP - Pengerjaan proyek pembangunan jaringan gas (Jargas) untuk rumah tangga di Kota Prabumulih dinilai bakal terancam molor. Pasalnya, hingga kini progress proyek yang menelan dana Rp 500 miliar tersebut baru mencapai 65-70 persen. Sementara waktu efektif untuk menyelesaikan pekerjaan tidak kurang dari 2 bulan, hingga pertengahan Desember 2016.

Di beberapa titik lokasi pekerjaan, mulai dari Jalan Lingkar Timur (Jalingtim) Kota Prabumulih terlihat pekerjaan masih banyak yang tertinggal dan masih terus dikebut oleh para pekerja proyek. Bahkan di musim penghujan seperti saat ini kos pekerjaan dinilai akan menjadi double karna banyak galian yang tergenang oleh air hujan yang setidaknya harus di sedot terlebih dahulu untuk mengubur material atau peralatan jaringan gas pada galian.

Yang kedua, di Jalan Jenderal Sudirman terkhusus di Dusun Prabumulih. Menurut Anggota DPRD Kota Prabumulih Adi Susanto, daerah ini setidaknya bisa menjadi perhatian khusus. Dimana sejauh ini kawasan dusun Prabumulih di tikungan padi tidak pernah tergenang banjir. Namun setelah proyek Jargas masuk ke daerah ini, Dusun Prabumulih yang dulunya aman saat musim hujan kini menjadi tergenang akibat saluran drainase banyak tersumbat dari bekas galian jaringan gas kota, ujar Adi.

Dikatakan, pekerjaan yang semberaut juga terlihat di kawasan Pati Galung. Belakangan ini para pengguna jalan merasa terganggu oleh bahan material proyek yang ditimbun di bahu jalan. 


"Kalau melihat volume pekerjaan yang masih sekitar 65-70 persen. Saya pesimis proyek ini bisa selesai tepat waktu. Ditambah pemerintah pernah mengungkapkan proyek jargas yang saat ini sedang dikerjakan masih dalam tahap uji coba. Jika demikian, ini menunjukkan bahwa seluruh jaringan gas yang sudah terpasang akan di benari lagi sehingga butuh waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikannya" ujar Santon (sapaan akrab Adi Susanto-red)

Menurut Santon, idealnya volume pekerjaan memasuki oktober di Tahun Aanggaran berjalan, pengerjaan Proyek minimal sudah mencapai angka 90 persen sehingga sisanya tinggal finishing saja memperbaiki bagian-bagian yang kurang tersentuh. DPRD juga pernah menerima laporan bahwa pada pelaksanaanya dilapangan, kontraktor banyak menemui kendala. 

Namun bagi kita di DPRD kendala yang dimaksud murni diawali dari pihak kontraktor yang tidak profesional dalam melaksanakan pekerjaan. Wajar warga tidak terima jika bangunan milik warga dirusak tidak dikembalikan lagi seperti semula. Sebab sepengetahuan kita seluruh pekerjaan apalagi anggarannya bersumber dari APBN itu memiliki SOP tersendiri dalam pelaksanaanya. Intinya kendala yang dihadapi kontraktor bukanlah bermula dari masyarakat melainkan dari pihak pekerja, imbuhnya.

Sejauh ini kata Politisi PKB yang dikabarkan akan maju sebagai Calon Walikota Prabumulih pada Pilkada 2018, telah banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait buruknya sistem pekerjaan pemasangan jaringan gas ke rumah-rumah. Hal ini sudah kita tindaklanjuti dan ternyata bukan rumah warga saja yang demikian. Bahkan Rumah Anggota Dewan sendiri juga terkena hal serupa. Dengan peristiwa tersebut secara pribadi maupun kelembagaan kita telah menyampaikan permasalahan tersebut baik itu secara lisan maupun tulisan agar kualitas pekerjaan bisa ditingkatkan sesuai SOP pekerjaan.

"Lambannya penyelesaian pekerjaan diperparah dengan lemahnya pengawasan dari pihak Konsultan Pengawas maupun Dinas Terkait. Dari DPRD sejauh ini telah bekerja maksimal dan telah menyampaikan secara langsung kepada pihak pelaksana pekerjaan. Kasihan warga banyak yang jadi korban dengan proyek yang katanya untuk kesejahteraan. Kita berharap seluruh SKPD terkait dalam proyek ini bisa terjun kelapangan bekerja bersama-sama agar proyek bisa dikerjakan tepat waktu" tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu