Home » , » Adi Susanto Dorong Pemerintah Beri Regulasi Khusus Pada Petani Karet

Adi Susanto Dorong Pemerintah Beri Regulasi Khusus Pada Petani Karet

Written By Posmetro Prabu on 22/10/16 | 22.10.16

PRABUMULIH, PP - Kota Pabumulih adalah salah satu daerah yang termasuk dalam penghasil karet terbesar di Sumatera Selatan. Ribuan petani yang menggantungkan hidupnya pada pertanian karet di Kota ini tengah mengalami permasalahan serius dengan anjloknya harga karet dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Mau tidak mau atau suka maupun tidak, Petani karet harus menerima kenyataan pahit dengan anjloknya harga karet dari semula harganya dari Rp 10.000/kg pada tahun 2013 lalu, harus turun hingga saat ini menjadi 5.000/Kg. Bahkan, diperkirakan harga karet akan terus merosot.

Kondisi ini mengakibatkan banyak petani karet mengeluh dan belasan lainnya terpaksa beralih profesi. Bahkan guna memenuhi kebutuhan hidup, tidak sedikit warga Kota Prabumulih khususnya petani karet menjual lahan miliknya kepada pengusaha untuk dijadikan lahan kaplingan perumahan. 

Selain menghadapi harga yang anjlok, petani karet juga dihadapkan pada harga kebutuhan pokok yang meningkat dan tidak sebanding antara penghasilan dan pengeluaran para petani yang mengandalkan harga karet untuk memenuhi kebutuhannya.

Situasi seperti ini tentu menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk membuat regulasi atau kebijakan khusus terhadap petani karet nasional. 

Demikian disampaikan Anggota DPRD Kota Prabumulih Adi Susanto SE menanggapi pemberitaan posmetro prabu terkait  sepinya pengunjung Pameran akibat harga karet yang anjlok. Untuk itu kata Santon (panggilan akrab Adi Susanto) pihaknya akan mendorong pemerintah pusat dan provinsi dapat memberikan kebijakan atau program yang dapat membantu petani dalam menghadapi anjloknya harga karet di Sumatera Selatan Prabumulih pada khususnya.

Dikatakan, sejauh ini pihaknya telah banyak menerima keluhan para petani karet Kota Prabumulih dengan harga karet yang terus menerus mengalami penurunan. Sebenarnya kata Politisi PKB Kota Prabumulih itu, permasalahan yang dialami oleh petani karet ini bukan saja menjadi urusan pemerintah Kota, ini juga merupakan masalah pemerintah pusat dan provinsi. 

"Melalui lembaga DPRD, kita akan mendorong agar permasalahan harga karet petani nasional segera mendapatkan perhatian khusus Pemerintah Pusat. Nasib petani karet diseluruh Indonesia bergantung kepada kebijakan pemerintah pusat untuk segera dicarikan solusi terbaik. Setidaknya Pemerintah Pusat mampu menerbitkan regulasi khusus agar nilai jual karet petani nasional akan terus terangkat" tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu