Home » » Siswa Maluku Utara dilepas untuk mengenal Sumatera Selatan

Siswa Maluku Utara dilepas untuk mengenal Sumatera Selatan

Written By Posmetro Prabu on 06/09/16 | 6.9.16

MALUKU, PP - Menteri BUMN melalui Deputi bidang Infrastruktur Bisnis Hambra bersama Direktur Bank BTN Sulis Usdoko dan Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja PT PPA serta perwakilan Asabri melepas pertukaran pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 Provinsi Maluku Utara ke Sumatera Selatan.

Kegiatan SMN kali ini merupakan tahun kedua pertukaran pelajar dalam rangka memberikan wawasan sosial budaya, pendidikan dan kewirausahaan bagi perwakilan pelajar SMA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut mengapresiasi dengan melepas secara resmi SMN Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersamaan perayaan Hari Anak Nasional di Kupang.

"Program ini hanya salah satu dari rangkaian HUT ke-71 Republik Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan BUMN kepada masyarakat sekaligus mengenalkan pariwisata Indonesia," kata Hambra dalam sambutannya,

Tahun ini, Kementerian BUMN bersama 118 BUMN akan melakukan beberapa kegiatan lainnya seperti BUMN Mengajar, pembinaan 3 orang narapidana di masing-masing provinsi, elektrifikasi untuk warga kurang mampu, pembinaan daerah perbatasan di wilayah Kalimantan Utara, Papua dan NTT serta program Bedah Rumah Veteran sebanyak 1.700 unit di seluruh Indonesia. Provinsi Maluku Utara sendiri mendapat porsi sebanyak 65 unit rumah.

Hambra pun menyulut semangat para pelajar dengan menceritakan masa kecilnya yang kekurangan. "Saya dulu merasakan seragam hanya satu stel selama sekolah, menjadi buruh di pasar, melaut dan segala macam. Hidup saya lebih sulit dari adik-adik tapi saya semangat belajar hingga dipercaya menjadi Eselon I di Kementerian," kenangnya.

Ia menuturkan, bagi pelajar yang berprestasi pasti ada jalan untuk sukses, salah satunya mendapat beasiswa dari BUMN. "Dari orang yang hidupnya kurang, tidak mustahil untuk berprestasi, bisa jadi suatu hari nanti kalian lebih sukses dari kami," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Bank BTN Sulis Usdoko juga menceritakan kisah hidupnya yang berada dalam kesusahan namun giat belajar dan memiliki etos kerja hingga sukses menjadi direksi BUMN. Untuk itu, Ia ingin ikut serta dalam program BUMN Mengajar di wilayah Maluku Utara untuk memberi semangat bagi pelajar.

"Saya sendiri yang akan mengajar di wilayah Tobelo dan Morotai, kami senang ditugaskan untuk berkontribusi dalam kesejahteraan dan kemajuan di wilayah masing-masing," kata dia.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu