Home » , , » Akibat Proyek Asal Jadi, Perumnas Gunung Ibul Mirip Sungai

Akibat Proyek Asal Jadi, Perumnas Gunung Ibul Mirip Sungai

Written By Posmetro Prabu on 05/09/16 | 5.9.16

PRABUMULIH, PP - Proyek pembangunan drainase yang seyogyanya memperlancar aliran air hujan menuju pembuangan justru menjadi penyebab banjir di perumahan vina sejahtera Kelurahan Gunung Ibul. Sejumlah drainase Proyek 2015-2016 APBD Kota Prabumulih di komplek ini sama sekali tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Akibatnya, Perumnas III Gunung Ibul mirip sungai saat diguyur hujan siang tadi (05/09/2016).

Bencana Banjir hampir menggenangi seluruh pemukiman warga di Perumnas III. Curah hujan lebat yang hanya beberapa saat itu berhasil membuat warga sekitar kalang kabut menyelamatkan isi rumah yang digenangi air hingga selutut orang dewasa.

Muksin (40) Warga Gunung Ibul kepada portal ini mengatakan bahwa belakangan ini dirinya semakin khawatir jika musim hujan. Menurutnya, kejadian atau peristiwa banjir sebelumnya sangat jarang terjadi di kompleks tersebut.

"Biasanya seluruh siring berfungsi dengan baik meski curah hujan cukup lebat. Namun belakangan dengan adanya proyek penggalian jaringan gas kota dan proyek pembuatan siring yang asal jadi mengakibatkan permasalahan baru bagi warga. Buktinya, curah hujan sebentar saja sudah menimbulkan banjir" ujarnya.

Dikatakan, pekerjaan pembangunan seperti proyek drainase di Perumnas Vina Sejahtera kerap dipermasalahkan warga sekitar. Pasalnya baru beberapa hari saja, bangunan tersebut sudah rusak dan parahnya lagi menjadi pemicu banjir karena sama sekali tidak berfungsi memperlancar aliran air ke pembuangan. Ditambah bekas galian jaringan gas kota yang tidak segera dibersihkan menambah laju aliran air meluap hingga ke pemukiman, bebernya.

“Jelas kesehariannya kami itu tidak tenang. Asal hujan setengah hingga satu jam, pasti banjir. Tak mengenal waktu, biar  tengah malam asal hujan, pasti kami bangun untuk waspada. Kadang kami mulai amankan sejumlah perabot kami. Caro wong kecik mak inilah pak" ujar Muksin.

Dengan peristiwa ini, warga kompleks berharap, Dinas Pekerjaan Umum atau instansi terkait segera dapat menindak lanjuti pekerjaan yang tidak beres tersebut agar tidak menjadi kecemasan bagi warga saat musim hujan.




foto/tribunsumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu