Home » , , » PU Penyumbang Silpa Terbesar APBD 2015

PU Penyumbang Silpa Terbesar APBD 2015

Written By Posmetro Prabu on 09/08/16 | 8/09/2016

PRABUMULIH, PP - Jumlah sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) yang besar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015 menunjukkan Minimnya perencanaan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Pada sidang Paripurna Laporan Kinerja dan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Prabumulih beberapa waktu lalu tercatat Silpa APBD 2015 mencapai Rp.34 miliar. Dengan data ini setidaknya mengindikasikan satuan kerja perangkat darah (SKPD) tidak sinkron dengan target pembangunan.

“Peningkatan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat sesuai visi dan misi Walikota Prabumulih, tidak tergambar pada realisasi belanja APBD Kota Prabumulih 2015 dengan banyaknya Silpa di beberapa SKPD” ujar Mulwadi Ketua LSM LP3AD Kota Prabumulih seusai menggelar diskusi internal LP3AD terkait program Pemerintah Kota Prabumulih siang tadi Selasa (09/08/2016).

Menurut pria yang akrab disapa Kemong ini, terjadinya Silpa bisa saja karena menganut prinsip kehati-hatian, namun silpa APBD Prabumulih 2015 dinilai terjadi karena program kerja yang dilaksanakan pada TA 2015 tidak sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Bisa juga karna banyaknya SKPD yang bermain aman dalam menjalankan program.

Untuk itu, Walikota Ridho Yahya diharapkan mampu mengevaluasi secara menyeluruh terhadap perencanaan program dan implementasi pelaksanaan tiap SKPD. Menurutnya, dengan Silpa yang tinggi tentu masyarakat yang menjadi korban karena banyak program yang tidak berjalan. Seperti Silpa Dinas Pekerjaan Umum yang mencapai Rp.25 Miliar. Dengan dana tersebut jika digunakan untuk pembangunan jalan pemukiman tentu akan lebih baik.

"Jangan sesekali kita membandingkan Silpa APBD Daerah lain yang jauh lebih tinggi dengan Kota Prabumulih. Sebab APBD Kota Prabumulih jauh lebih sedikit dibanding APBD daerah lain. Silpa mencapai Rp 34 Miliar dengan APBD Rp. 800 Miliar itu sudah sangat besar" ujar Kemong menjawab posmetroprabu.com

Terpisah, anggota DPRD Kota Prabumulih Adi Susanto SE mengatakan, Silpa APBD TA 2015 yang cukup besar ini memang menjadi perhatian DPRD Kota Prabumulih. DPRD telah berupaya mendorong Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Walikota Prabumulih 2015 untuk bekerja semaksimal mungkin mengidentifikasi persoalan. “Jika silpa besar, berarti banyak program pembangunan tidak terealisasi. Mengapa itu bisa terjadi, itu yang harus digali,” tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu