Home » , » Belasan Warga Karang Jaya Keracunan Makanan

Belasan Warga Karang Jaya Keracunan Makanan

Written By Posmetro Prabu on 14/08/16 | 8/14/2016

PRABUMULIH, PP - Sebanyak 26 warga Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih setelah mengalami mual dan muntah-muntah.

Puluhan pasien yang terdiri dari anak-anak antara usia 2 tahun hingga 10 tahun dan ibu-ibu  tersebut diduga keracunan. Sebab sebelumnya, mereka menyantap tekwan di perayaan ulang tahun tetangga.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah mengingat terdapat sekitar 50 undangan yang terdiri dari 32 anak anak dan sekitar 20 orang lainnya adalah orang tua.

Lita (30) salah satu korban mengaku merasa mual dan muntah muntah setelah menyantap hidangan tekwan yang disajikan oleh pemilik hajatan.

"Acaranyo itu jam 1. Nah setengah duo aku balek dan makan tekwan dirumah, sekitar jam tigo aku meraso mual laju muntah muntah. Perut ini raso sakit nian dak ketahan lagi. Yolah sekitar jam limo langsung dibawa ke rumah sakit," ungkapnya.

Sementara itu, Devi pemilik hajatan mengatakan jika pesta ulang tahun tersebut digelar untuk merayakan hari lahir kedua anaknya yakni Vioni Agustin Putri ke ke 6 tahun dan anak keduanya Alika ke 2 tahun.

"Sekitar 50 an tamu yang makan tekwan dirumah. Undangan itu ado 30 an anak anak, wong tuonyo sekitar 20 an," ujarnya saat dikonfirmasi ketika menjaga anaknya yang ikut dirawat di RSUD.
Devi menerangkan, jika tekwan yang disajikan tersebut dibeli dipasar inpres dalam bentuk adonan. Kemudian adonan tersebut direbus dan ditambah bumbu lainnya sebelum dihidangkan.

"Tekwan itu dibuat dari ikan tongkol. Ikannyo dibeli dari dipasar itulah dan digiling di penggilingan pendowo persis disamping tempat beli ikan itu. Ikan langsung diadon disanolah, dirumah tinggal merebus bae. Dak taunyo setelah dimakan banyak yang mual dan muntah muntah," terangnya.

Terpisah, Direktur RSUD Prabumulih, Rusmini melalui Superpisor UGD RSUD Prabumulih, Indra Gunawan ketika dimintai keterangan perihal tersebut membenarkan, puluhan korban positif keracunan. Namun dirinya belum mengetahui pasti penyebab keracunan tersebut mengingat sampel makanan tengah diperiksa oleh Dinas Kesehatan Kota Prabumulih.

"Ini kejadian langka dan baru pertama kali terjadi disini. Seluruh pasien sudah kita beri tindakkan dan ada juga yang kita awasi secara intensif. Rata rata anak anak, ada juga orang tua dan ibu hamil," tambahnya.






rmolsumsel.com
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu