Home » , , » Siswa SMPN 3 Mengaku Cemas Kondisi Plafon Kelas Nyaris Ambruk

Siswa SMPN 3 Mengaku Cemas Kondisi Plafon Kelas Nyaris Ambruk

Written By Posmetro Prabu on 22/07/16 | 22.7.16

PRABUMULIH, PP - Kondisi ruangangan kelas belajar yang memprihatinkan ternyata tidak hanya dialami oleh sekolah-sekolah pinggiran yang jauh dari pusat Pemerintahan. Meski terletak di kawasan tengah kota, SMPN 3 Kota Prabumulih di Jln Lintas Baturaja - Prabumulih Tanjung Raman pun masih terlihat menyedihkan.

Setidaknya ada lebih dari 3 ruang kelas di Sekolah ini yang kondisinya sangat memprihatinkan. Plafon rusak tampak menggantung dan bahkan ada salah satu ruang kelas yang terpaksa ditopang menggunakan kayu agar palfonnya tidak ambruk menimpa para pelajar. Bekas bocor ada di sana-sini. Kaca-kaca jendela terlepas serta kayu dan genting juga rapuh, sehingga sangat rawan roboh.

Potret ruang belajar yang memprihatinkan ini kerap dikeluhkan para pelajar dan juga orang tua siswa. Para orang tua mengaku cemas dengan anaknya karna suatu saat bisa saja bangunan ruang kelas yang ditopang tersebut ambruk dan menimpa para pelajar. Pasalnya ruangan ini kata Jamal (46) orang tua siswa, masih difungsikan untuk proses belajar mengajar di Sekolah tersebut.

Mereka juga kerap mempertanyakan kondisi bangunan terhadap pihak sekolah. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Kasihan anak-anak tidak fokus belajarnya karna cemas dengan palafon yang ditopang, ujar Jamal.


Pamuji Rahayu SPd Kepala Sekolah SMPN 3 Tanjung Raman Kota Prabumulih membenarkan jika ruangan yang ditopang dengan kayu balok tersebut masih difungsikan. Hal ini dilakukan mengingat tak ada pilihan lain sebab ruangan kelas juga sangat terbatas.

Wanita ramah berhijab itu mengaku kondisi sekolah memprihatinkan sudah dilihatnya sejak menjejakkan kaki di SMPN 3. Bahkan, beberapa ruangan masih merupakan bangunan lama sejak pertama kali berdiri.

Menanggapi keluhan para orang tua siswa terhadap kondisi bangunan sekolah, Pamuji mengatakan bahwa bukan orang tua saja yang mengeluh. Pihaknya juga selaku tenaga pengajar disekolah tersebut juga mengalami hal yang sama. Bahkan saat pertama kali menginjakkan kaki di SMPN 3, Pamuji mengaku hal yang pertama yang diingkannya adalah berupaya untuk memperbaiki seluruh ruangan kelas yang mengalami kerusakan.

"Kita sangat memaklumi itu, dan bahkan kita juga selaku tenaga pengajar merasa was-was terhadap anak didik jika suatu saat bagian dari bangunan seperti plafon rubuh. Bukan hanya siswanya saja mungkin yang jadi korban bahkan guru yang sedang mengajar juga ikut. Hal ini sudah jauh hari kita laporkan ke Dinas Pendidikan. Bahkan beberapa waktu lalu sempat diadakan penijauan terhadap ruang kelas yang rusak parah dan katanya sudah dianggarkan. Terkait belum terlaksananya perbaikan hingga sekarang menurut Dinas disebabkan adanya pemangkasan anggaran. Kita tidak bisa berbuat banyak karna dananya ada pada Dinas" tegas Menik sapaan akrab Kepsek SMPN 3 itu kepada posmetroprabu.com.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu