Home » , , » Adi Susanto : Diantara Pemilih dan Pilihan Alternatif

Adi Susanto : Diantara Pemilih dan Pilihan Alternatif

Written By Posmetro Prabu on 25/07/16 | 7/25/2016

"Mati tulah jangan di cubo, dek pacak balek lagi" Demikian Adi Susanto memulai pembicaraan sembari mempersilahkan posmetroprabu masuk ke kantor pribadinya di Jalan Tromol Sukaraja Prabumulih Selatan Kota Prabumulih beberapa waktu lalu.

Pemandangan yang tidak biasa dan begitu kontras menghiasi sudut sebelah kiri ruangan kantor pribadi sosok pria yang biasa disapa Santon itu. Deretan batu akik berbagai jenis tampak tersusun rapi di etalase gantung yang sengaja di desain sedemikian rupa.

Selain batu akik, ada juga beberapa trophy. Menurut politisi PKB itu, trophy tersebut adalah hasil kontes Batu Akik Gem Stone di Kota Prabumulih 2015 silam. Photo keluarga sengaja di pajang menghadap tamu yang datang ke kantor tersebut.

Masuk ke pokok wawancara menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) kota Prabumulih 2018, Anggota Legislatif dua periode tersebut mengaku siap.

"Insha Allah Siap lahir bathin. Kito Cubokan nian Dindo, mati tulah jangan dicubo, dak pacak balek lagi" ujarnya mengulang kalimat yang sama.

Sejauh ini menurut Santon, masih kesiapan dulu yang dimatangkan. Digandeng Petahana sebagai calon wakil walikota atau maju melawan Petahana kita masih menunggu, sebab kedua peluang tersebut saat ini masih terbuka lebar. Dimana waktu pelaksanaan pilkada juga masih panjang di 2018. Dan yang utama saat ini adalah restu dari Pimpinan Partai, paparnya.

Disinggung bagaimana strategi pemenangan yang dimilikinya melawan petahana yang posisinya saat ini begitu kuat? Ayah tiga anak ini menyatakan bahwa setiap calon yang bakal maju pada pemilihan tentu punya strategi khusus. "Jika terpaksa melawan petahana atau Incumbent, ada strategi khusus yang kita miliki dan beda porsinya jika digandeng oleh Petahana" ujar Suami dari Berliana itu diplomatis.

Dikatakan, peta kekuatan petahana sesungguhnya ada pada birokrasi. Bahkan sudah menjadi rahasia umum semua pilkada di tingkat kabupaten ataupun provinsi dengan sangat mudah dimenangkan oleh Petahana yang memiliki basis kekuatan birokrasi. PNS mempunyai pilihan sendiri itu lumrah, tapi ketika jabatan yang dimilikinya dimanfaatkannya untuk memenangkan salah satu Calon di Pilkada, ini menjadi sangat tidak tidak biasa.

"Terkadang ibarat memakan buah simalakama. Mau jabatan aman atau posisi jabatan terancam. Atau dianggap sebagai PNS yang tidak memiliki loyalitas terhadap atasan. Itulah Politik, dan untuk hal yang satu ini jelas kita punya strategi" ujar Politisi pengoleksi batu akik ini.

Menurutnya, tidak banyak orang yang berpikir bagaimana cara membalikan birokrasi untuk bertindak sesuai dengan fungsinya. Karena sejatinya, merekalah penguasa yang sesungguhnya. PNS memiliki posisi tawar yang sangat kuat. Karena kekuatan mereka cukup potensial untuk melakukan apapun. Cuman yang kita sesalkan adalah, para birokrat ini kerap dimanipulasi untuk kepentingan Petahana. Nah jika bagi mereka diberikan kemerdekaan yang bebas dari kepentingan Petahana, saya yakin para birokrat ini adalah kekuatan politik yang luar biasa.

Kemungkinan untuk mengelola birokrasi keluar dari kepentingan para Petahana lanjut Santon, sangat terbuka lebar. Sebab tidak sedikit pilkada menyisakan kesedihan bagi para birokrat. Artinya dibutuhkan sosok calon alternatif yang membawa keterwakilan masyarakat, termasuk di dalamnya birokrat. Karena hari ini masyarakat mempunyai hak politik yang cukup tinggi untuk mencari pemimpin yang amanah, papar Santon.

Jika sebahagian orang menilai bahwa melawan Petahana yang sudah mapan merupakan suatu hal yang mustahil, tidak demikian bagi Adi Susanto. Jika pun itu terjadi, baginya masih banyak kemungkinan menang untuk mengalahkan Petahana. Diantara Pemilih dan pilihan alternatif, baginya akan tetap maju demi pengabdian. Karna bagaimanapun Bagi Adi Susanto pengabdian kepada bangsa dan Masyarakat menjadi hal utama dalam dirinya sejak ia terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Prabumulih.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu