Home » , » 9 Fraksi DPRD Muara Enim Desak Bupati Restui Kabupaten Gelumbang

9 Fraksi DPRD Muara Enim Desak Bupati Restui Kabupaten Gelumbang

Written By Posmetro Prabu on 24/06/16 | 6/24/2016

GELUMBANG, PP - Moment penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Muara Enim dalam rapat Paripurna di gedung DPRD Muara Enim Rabu (22/06/2016) ternyata dimanfaatkan penuh oleh lintas fraksi DPRD Kabupaten Muara Enim untuk mempertanyakan sejauhmana perkembangan usulan masyarakat gelumbang yang ingin berdiri sendiri menjadi daerah otonomi baru (DOB) dari Kabupaten induk.

9 Fraksi DPRD Muara Enim dalam pandangan umum LKPJ Muara Enim tidak henti-hentinya menyinggung permasalahan masyarakat 6 kecamatan Gelumbang sekitarnya yang ingin memisahkan diri dari Kabupaten induk. Hal ini didasari dengan telah terbitnya kajian akademik bekerjasama dengan lembaga penelitian Universitas Sriwijaya (Unsri) yang menyatakan bahwa Gelumbang cukup layak untuk jadi Kabupaten.

Setidaknya dalam kesempatan tersebut 9 Fraksi di DPRD Muara enim sangat mendukung dan menyetujui Gelumbang dimekarkan menjadi DOB di Sumatera Selatan. Adapun sembilan Fraksi dari partai politik menyetujui Gelumbang menjadi Kabupaten, yakni Fraksi PDIP, Nasdem, Golkar, Demokrat, Hanura, PBB,PKB, PPP ,dan Fraksi Gerindra.

Fraksi PDIP misalnya. Dalam pandangan umum LKPJ Bupati Muara Enim yang disampaikan oleh Saiful Ikbal SH mengungkapkan bahwa, Fraksinya meminta Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk segera memfasilitasi tim Presedium pemekaran Gelumbang terkait hal-hal yang diperlukan untuk kepentingan terwujudnya Kabupaten Gelumbang dalam waktu dekat ini. Saiful juga mendesak agar berkas dokumen pemekaran Kabupaten Gelumbang segera dibahas di lintas fraksi agar tidak terkesan pemerintah enggan memekarkan Gelumbang menjadi Kabupaten.

Hal senada juga disampaikan oleh Fraksi Partai Golkar.  Dalam hal ini, fraksi Golkar selain mendukung terbentuknya DOB Gelumbang juga meminta Pemerintah agar pro aktif,dan mendukung di buatnya kesepakatan bersama pembentukan DOB Gelumbang.

"Kepada Pemerintah kami ingin sampaikan bahwa fraksi Golkar mendukung penuh Pemekaran Kabupaten Gelumbang. Kiranya Pemerintah bisa lebih arif dalam menyikapi aspirasi masyarakat di 6 kecamatan Gelumbang dan segera mungkin membuat kesepakatan bersama terkait DOB Gelumbang untuk diserahkan ke Gubernur Sumsel" ujar Daraini SH

Fraksi Partai Demokrat dalam penyampaian pandangan umumnya terkait  aspirasi masyarakat Dapil 3 yang meminta pemekaran Kabupaten Gelumbang mengungkapkan, selain mendukung penuh DOB Gelumbang, juga mendesak pemerintah untuk bertindak cepat mengatasi persoalan tapal batas yang bersengketa selama ini. Dimana sejauh ini menurutnya masih banyak permasalahan tapal batas Kabupaten Muara Enim yang masih bersengketa.

"Permasalahan tapal batas sejauh ini belum sepenuhnya tuntas. Hal ini dinilai penting untuk disesaikan secepat mungkin dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar dikemudian hari tidak menjadi permasalahan utama terlebih dengan adanya rencana Pemekaran Kabupaten Gelumbang" ujar Rahmat Rio Kusuma.

Sementara fraksi PKS dalam kesempatan tersebut meminta agar Bupati Muara Enim dapat mencegah upaya pemekaran gelumbang dijadikan komuditas Politik. Artinya Pemekaran Gelumbang adalah murni aspirasi masyarakat dan jika pun disetujui menjadi Kabupaten dimohon utuk tidak dikaikan dengan kepentingan Politik sesaat.

Demikian pesan yang disampaikan Samudra Kelana dalam pembacaan pandangan umum fraksi PKS atas LKPJ Bupati Muara Enim 2015 menyikapi aspirasi Masyarakat 6 kecamatan di Gelumbang sekitar yang mengusulkan Gelumbang menjadi DOB di Sumsel. 

Pantauan Portal ini dilapangan, sembilan fraksi tersebut diatas mendukung penuh Gelumbang untuk dimekarkan menjadi Kabupaten dengan berbagai catatan dan pertimbangan yang matang. Dimana selain hasil kajian ilmiah, potensi daerah juga sangat mendukung untuk memenuhi kepentingan pemerintahan jika disetujui menjadi Kabupaten. Intinya menurut 9 fraksi DPRD Muara Enim, tidak ada lagi alasan bagi Pemerintah Muara Enim untuk tidak memenuhi keinginan masyarakat Gelumbang sekitarnya memekarkan diri menjadi Kabupaten Gelumbang. Pasalnya lanjut Ali Hanafiah dari Fraksi PBB, seluruh dokumen syarat pemekaran Kabupaten dinilai sudah lengkap. 

"Merujuk pada PP Nomor 78 Tahun 2017, jika syarat pemekaran sudah terpenuhi berikut hasil kajian ilmiah maka tidak ada alasan bagi Kabupaten induk untuk tidak merekomendasikan Pemekaran. Gelumbang sangat layak menjadi Kabupaten dan hasil dari rapat Patipurna LKPJ Bupati Muara Enim 2015 seluruh teman-teman lintas fraksi sangat mendukung usulan masyarakat agar Gelumbang dimekarkan menjadi Kabupaten. Kita siap mengawal proses ini hingga Pemerintah Pusat menetapkan Gelumbang menjadi Kabupaten" tegas Ali Hanafiah disela-sela acara Paripurna.

Menyaksikan lintas Fraksi DPRD Muara Enim mendukung sepenuhnya Gelumbang dimekarkan menjadi Kabupaten, Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) langsung menggelar sujud syukur. Ratusan anggota serta pengurus PPKG yang hadir saat Paripurna LKPJ Bupati Muara Enim 2015, mengapresiasi kinerja Wakil Rakyat Muara Enim yang telah menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten.

Ditemui usai melakukan solat berjamaah di masjid Islmik Centre sebelah gedung DPRD  Muara Enim , Ketua PPKG H Rani Kodm SH, mengaku senang atas dukungan dari seluruh fraksi yang mendukung terbentuknya DOB Gelumbang pada rapat paripurna. 

"Atas nama PPKG kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap anggota DPRD muara enim terkhusus 9 Fraksi yang mendukung Gelumbang menjadi Kabupaten. Dengan dukungan ini tentu menjadi api penyemangat bagi PPKG untuk terus berjuang mengawal proses Pemekaran hingga ke Pusat. Jika Kesepakatan bersama DOB Gelumbang telah ditandatangani, artinya Gelumbang menjadi Kabupaten tinggal Selangkah lagi" ujarnya bangga.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dewan Penasehat PPKG Ir H Hanan Zulkarnain MTP. Tokoh Masyarakt yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Muara Enim itu juga mengapresiasi kinerja Anggota DPRD Muara Enim yang mendukung penuh langkah PPKG.  usai melakukan syujud syukur dan usai Solat berjamaah bersama pengurus PPKG.

’’Alhamdulilah dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat di 6 Kecamatan dalam pemekaran Kabupaten Gelumbang ini insya Allah membuahkan hasil yang nyata , Dan tentunya kita mengaprisiasi ke sembilan fraksi yang menyetujui terbentuknya DOB Gelumbang di rapat paripurna ini. Artinya kinerja dari kawan-kawan di PPKG dan doa dari Masyarakat tidak sia-sia. Tinggal lagi kita masih menunggu dibuatnya nota kesepakatan bersama antara Pemerintah dan DPRD yang nantinya akan dilanjutkan ke tingkat Provinsi. Kita berharap prosesnya bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan setidaknya 2017 gambaran akan Kabupaten Gelumbang bisa segera terwujud" harap Hanan. (pp/jn)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu