Home » » Pemkab Pali Gelar Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis

Pemkab Pali Gelar Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis

Written By Posmetro Prabu on 23/05/16 | 5/23/2016

PALI, PP -Merupakan sebuah kegiatan rutin bagi  pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di RSUD Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI minggu,(21/05/2016) pukul 07:00 wib sampai selesai.

 Adapun peserta berasal dari 5 kecamatan yang ada di Bumi Serepat Serasan ini," seperti pasien yang berasal dari Tanah Abang ada sebanyak 45 orang yang mendaftar untuk operasi katarak hari ini,dari talang ubi ada 30 orang pasien.

Salah satu pasien penyakit katarak Saniyam(62) didampingi anaknya susilawati yang berasal dari Tanah Abang membenarkan bahwa dirinya mendampingi ibu kandungnya akan mengikuti operasi katarak di RSUD ini,karena mata orang tua kami sudah kabur,"ujar Susilawati.

Lebih lanjut dikatakan olehnya bahwa ia mengetahui adanya operasi katarak dari pihak dinkes sejak jauh hari dari petugas kesehatan setempat dan hari ini kami diantar oleh bidan desa kami pada pukul 07:30 wib sudah sampai disini,"terangnya.

 Hal senada dikatakan oleh Nuri Warga ( 23) warga talang ubi yang merupakan  anak pasien juga mengawal atau mendampingi orang tuanya melakukan operasi hari ini," dengan adanya program rutin dari Dinas Kesehatan ini kami mengucapkan terimah kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Pali semoga program seperti ini terus dilakukan tiap tahunnnya dan juga kami berharap semua yang ikut operasi katarak hari ini  semoga berjalan lancar dan cepat pulih setelah usai dioperasi nanti,"harap nuri.

 Terpisah dr.Eni Zatilah,Mkm Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI saat dikonfirmasi wartawan disela - sela acara mengatakan bahwa program rutin operasi katarak ini sudah dilakukan sejak 2014 kemarin,program bupati Ir.H.Heri Amalindo,MM yang dinas kesehatan jalankan,alhamdulillah selama 3 tahun ini program kita ini rutin dilakukan tanpa ada kendala," terang eni.

 Selama 3 tahun program rutin dinkes ini terus ada peningkatan,pada tahun 2014 terdapat 60 pasien yang ikut operasi katarak,pada tahun 2016 meningkat jadi 80 orang pasien dan hari ini tahun ini 2016 target kita maksimal 100 orang pasien,bisa saja lebih dari target yang kita harapkan,"ungkap eni.

Selain operasi katarak lanjut Eni,dinkes juga telah mengadakan operasi bibir sumbing yang sudah 2 tahun berjalan lancar,diceritakan oleh eni bahwa penderita penyakit katarak ada tanda -tandanya seperti penglihatan mata terus kabur,berawan atau berkabut,sehingga setiap pasien yang akan dioperasi katarak,diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis sebelum dilakukan operasi,guna memastikan apakah paien menderita katarak atau penyakit mata lainnya,"jelas eni.

 Pasien katarak tidak melihat jenjang usia,bisa saja usia 30 tahun terkenah katarak," makanya kami selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap selalu menjaga hidup bersih dan sehat.

 Ketua panitia pelaksana acara operasi dr.Desi menambahkan,kami harapkan adanya program kami ini kiranya dapat membantu pasien katarak untuk sehat kembali matanya dan insyah allah program ini akan terus rutun dilaksanakan setiap tahunnya,"papar desi.

 Dalam melakukan operasi hari ini Ada 5 orang dr spesialis mata dari RS mata Palembang 4 spesialis mata dan 1 orang dokter umum. Seperti dr.Lia,dr Karyusi,S.KM(anggota tim), ke 17 tim dokter dari Rumah Sakit Mata Palembang ini diKetuai oleh dr.Doktor Anang Tribowo, yang juga sekaligus Kepala RS Mata dan Ketua tim yang datang dari palembang hari ini,"tutur desi.

 Terpantau sebanyak 17 orang tim dari  Perdami(Persatuan Dokter Ahli Mata) Cabang Palembang Provinsi  Sumsel ini tengah sibuk melakukan aktivitasnya di RSUD Talang Ubi PALI, mudah - mudahan hari ini ditahun ke 3 sesuai yang ditargetkan 100 orang tercapai serta terlaksana dengan baik.

Pasien yang kita operasi hari ini berdasarkan data yang didapat dari seluruh puskesmas dalam wilayah Kabupaten Pali ini.

Pagi tadi dari tanah abang sudah terdapat 45 orang yang mendaftar akan dioperasi,juga dari talang ubi saat ini sudah ada 30 orang yang mendaftar,belum lagi dari kecamatan Abab,Penukal dan Penukal Utara,makanya kami optimis tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya sesuai target tercapai 100 orang pasien yang bisa kita bantu operasi kataraknya,"tutur desi.

Kegiatan rutin tahunan ini Sambung desi yang didampingi Kadinkes Pali dr.Eni Zatilah,M.Km dengan tujuan untuk mencegah kebutaan terhadap masyarakat yang menderita katarak,alhamdulillah minat masyarakat memasuki tahun ke 3 ini meningkat.

 Program yang dilaksanakan mulai dari 2014-2016 dengan sumber dana dari APBD Kabupaten PALI dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bumi Serepat Serasan ini,"pungkasnya.

 Dalam melakukan kegiatan ini alhamdulillah kita terus dibantu oleh tim medis yang datang dari RS mata Palembang.

 Heri Amalindo yang diwakili bupati A.Rifa'i DH,SH staf ahli bidang pemerintahan saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa secara global memang kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab Negara kita, yang dalam hal ini pemerintah Kabupaten PALI untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan petujuk kemenkes RI, merupakan suatu kewajiban negara untuk menyehatkan masyarakatnya yang dilaksanakan melalui dinas kesehatan kita ini. Satu muara pada program operasi katarak yang dilaksanakan oleh dinkes.(mg rica)

 Foto Kepala Dinas Kesehatan dr.Eni Zatilah bersama A.Rifa'i staf Ahli Pemerintahan PALI saat meninjau dan dokter saat melakukan cek terhadap mata pasien di RSUD Pendopo PALI minggu,(21/05/2016) (TIM)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu