Home » » Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkot Prabumulih Canangkan Kampung KB

Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkot Prabumulih Canangkan Kampung KB

Written By Posmetro Prabu on 06/04/16 | 6.4.16

PRABUMULIH, PP - Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, Pemerintah Kota Prabumulih kini dengan gencarnya melakukan sosialisasi keluarga berencana (KB) serta menggelar pencanangan Kampung KB di Kota Kecil bagian dari Sumatera Selatan ini. Menurut Ketua Pelaksana Pencanangan Kampung KB Hj Suryani Ngesti Rahayu yang juga sekaligus ketua Tim Penggerak PKK Kota Prabumulih, Keluarga Berencana adalah salah satu usaha mencapai kesejahteraan.


"Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga. Kita harus memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera. Jangan hanya berhenti pada pencanangan, tapi harus ada aksi dan gerakan," ujar Istri Walikota Prabumulih itu disela-sela acara peresmian pencanagan Kampung KB di RT 13/06 Kelurahan Mangga Besar Prabumulih Utara Kota Prabumulih Rabu 06/04/2016.


Dikatakan, pelaksanaan pencanangan Kampung KB Kota Prabumulih bertujuan untuk mensosialisasikan keberadaan Kampung KB. Selain itu Kampung KB juga merupakan salah satu Inovasi strategis dalam rangka meningkatkan kualitas hidup Masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan Pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih Ir H, Ridho Yahya MM dalam kesempatan tersebut dihadapan ratusan warga Kelurahan Mangga Besar serta masyarakat Kota Prabumulih pada umumnya mengungkapkan bahwa, hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Antara lain dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat desa.

Apalagi beberapa tahun ke depan, lanjutnya, Indonesia akan mengalami bonus demografi, yakni kondisi jumlah usia produktif lebih tinggi dibanding yang tidak produktif. Kondisi tersebut akan menjadi bencana jika kualitas hidup manusia Indonesia rendah. Namun sebaliknya, bonus demografi akan menjadi anugerah jika kualitas hidup manusia Indonesia tinggi.

"Kita saat ini tengah menghadapi suatu persoalan yang rumit yakni masalah kemiskinan. Masalah kemiskinan ini sangat dan sangat sensitif. Maka dari itu, program KB diharapkan menjadi pintu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kota Prabumulih kedepan. Miskin itu sungguh tidak enak. dan saya pribadi pernah mengalaminya" ujar Ridho Yahya.

Dikatakan, Agar masyarakat Kota Prabumulih tidak sampai mengalami nasib orang miskin seperti yang pernah dialami oleh dirinya, Walikota Ridho Yahya mengungkapkan telah mengeluarkan formula yakni program bedah rumah masyarakat miskin bekerjasama dengan Baznas Kota Prabumulih melalui infaq pegawai negeri sipil untuk menghilangkan masyarakat miskin.

"Jika didaerah lain bantuan bagi masyarakat miskin hanya berupa bahan bangunan, di Kota Prabumulih langsung mendirikan satu rumah. Dan hanya Kota Prabumulih satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia yang memiliki program bedah rumah dari infaq pegawai" tegasnya.

Dalam pencanangan Kampung KB yang diresmikan secara langsung oleh Walikota Prabumulih ini juga disejalankan dengan acara Kegiatan, Pelayanan KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang IUD dan Implan dengan target pelayanan 100 akseptor KB Baru. 

Selain itu ada juga Pelayanan Papsmear dengan target pelayanan 100 pasangan usia subur, Pameran UPPKS yang di ikuti oleh Kelompok UPPKS Kota Prabumulih, Pemberian penghargaan kepada Bidan praktek Swasta Rumah sakit dan Puskesmas terbaik pelayanan KB 2016, Pemberian makanan tambahan bagi anak balita sebanyak 100 paket, pemberian penghargaan terhadap 22 akseptor KB dan Vaksetomi dan lain sebagainya.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu