HEADLINE NEWS

Tercatat 42 Persen PNS Makan Gaji Buta. Lemak Nian

JAKARTA, PP - Dari hasil kajian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), terjadi pemborosan anggaran terhadap gaji pegawai negeri sipil. Saat ini tingkat efisiensi pegawai pemerintah itu sangat buruk. Sebagian dari jumlah PNS di Indonesia itu tidak dengan tugasnya hingga hanya cuma duduk saja di kantor lalu pulang.

Menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, ada 42 persen PNS di Indonesia yang datang ke kantor tidak tahu apa yang harus dikerjakan.

"42 persen dari 4,517 juta PNS di Indonesia tidak tahu apa yang harus dia kerjakan. Begitu sampai kantor, dia bingung mau kerjakan apa," kata Setiawan dalam rakor pendayagunaan aparatur negara tingkat provinsi yang dihadiri para sekda provinsi se-Indonesia, di Jakarta seperti dikutip dari JPNN, kemarin.

Dari 42 persen PNS itu, kata Setiawan, kebanyakan berada di jabatan fungsional umum (JFU). Itu sebabnya, kepada seluruh Sekda untuk melakukan audit organisasi dan memetakan PNS-nya di JFU.

Dengan pemetaan akan diketahui berapa sebenarnya jumlah PNS yang masih bisa didongkrak kemampuannya dan berapa harus dirasionalisasi.

"Para Sekda silakan melakukan audit organisasinya. Petakan PNS di JFU ada di posisi apa, punya kualifikasi atau tidak. Setelah dapat hasilnya, baru kita menanjak pada langkah berikutnya," tandasnya.

Dia menambahkan, pemerintah tidak bisa membiarkan PNS yang datang ke kantor hanya melongo. Semua harus tahu kerjanya apa dan menghasilkan kinerja. Selama ini banyak diantara mereka cuma datang mengisi absen lalu duduk sebentar untuk selanjutnya keluar entah kemana. net

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *