Home » , , » Minyak PT Pertamina Adera Cemari Sungai Suban

Minyak PT Pertamina Adera Cemari Sungai Suban

Written By Posmetro Prabu on 09/03/16 | 9.3.16

PALI, PP - Diduga keropos, pipa minyak milik PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field bocor. Akibatnya, semburan minyak mentah masuk Sungai Suban yang ada di Desa Panta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Imbas minyak mentah yang tumpah ke sungai tersebut, warga setempat hari ini tidak bisa mandi dan minum, karena sungai itu menjadi tempat pemandian bahkan airnya digunakan sebagai air minum.

Kejadian pipa bocor tersebut ditemukan warga setempat pagi tadi  Rabu (9/3) dan langsung melaporkan penemuan tersebut kepada Kepala Desa Panta Dewa.

"Hari ini warga tidak bisa menggunakan sungai tersebut, karena minyak mentah mengalir lewat sungai. Pipa itu diduga sudah lapuk dan mungkin luput dari pengawasan pihak Adera, karena posisi pipa tersebut terpendam di dalam tanah jadi tidak mungkin digesek orang," beber Suwandi,Kepala Desa Panta Dewa kepada RMOL Sumsel, Rabu sore (9/3).

Terpisah, Darmadi Suhaimi, Wakil Ketua DPRD PALI ketika dihubungi meminta kepada pihak Adera untuk lebih memperhatikan serta mengecek secara rutin pipa-pipa aset mereka.

"Kita minta pihak perusahaan memperhatikan dan mengecek secara baik dan benar pipa-pipa yang sudah berkarat supaya segera diganti agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Terkait kejadian ini adalah murni kelalaian perusahaan, sehingga kita berharap agar pihak yang berwenang dalam hal ini pihak kepolisian  dapat menyelesaikannya sesuai dengan aturan hukum berlaku, harus kita ketahui bersama bahwa ini adalah pidana," ungkapnya.

Sementara itu, Haryono Asisten Manager PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field membenarkan pipa tersebut diduga keropos,  tetapi pihaknya begitu mendapat laporan langsung turun ke lapangan dan telah membersihkan ceceran minyak yang masuk ke sungai, serta telah menyelesaikan masalah ini dengan masyarakat sekitar.

"Kita sudah sisir aliran sungai tersebut untuk membersihkan ceceran minyak. Ini sudah resiko kerja, apalagi pipa itu tertanam di bawah tanah jadi luput dari pengawasan, namun untuk kedepan kita akan tingkatkan rutinitas pengecekan agar tidak terulang kembali," jelasnya. rmol
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu