Home » , » Tutupi Defisit Rp.100 Miliar, DPPKAD Prabumulih Genjot Target Pendapatan

Tutupi Defisit Rp.100 Miliar, DPPKAD Prabumulih Genjot Target Pendapatan

Written By Posmetro Prabu on 26/02/16 | 26.2.16

PRABUMULIH, PP - Defisit APBD Kota Prabumulih yang disebabkan adanya alokasi dana tunda bayar pajak migas dan non migas, yang sebelumnya di asumsikan akan menjadi PAD tambahan dalam APBD 2016, membuat SKPD Kota Prabumulih memutar otak untuk menyasati penggunaan anggaran semaksimal mungkin agar tidak terjerumus defisit berkepanjangan.

Untuk menutupi defisit APBD 2016 Kota Prabumulih yang berkisar Rp.100 miliar, Dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan aset Daerah (DPPKAD) Kota Prabumulih terpaksa harus menggenjot target pendapatan daerah.  Selain itu, DPPKAD juga dengan terpaksa harus memangkas habis kegiatan kedinasan seperti peningkatan SDM, Bimtek, studi banding dan perjalanan dinas lainnya.

Demikian disampaikan oleh Kepala DPPKAD Kota Prabumulih Jauhar Fahri SE, Ak menjawab posmetroprabu.com melalui sambungan telepon siang tadi Jumat (26/02/2016).

"Penyebab defisit APBD terjadi karna adanya alokasi dana tunda bayar pajak migas dan non migas 2015. Ternyata, setelah kembali dikonsultasikan dengan Kementeriaan Keuangan, alokasi dana tersebut (termin ke empat-red) justru sudah tidak dapat dibayarkan sehingga Pemerintah Kota Prabumulih belum mampu melunasi 100 persen pembayaran kegiatan pembangunan APBD 2015 ke pihak kontraktor. Dengan adanya defisit yang mencapai Rp 100 miliar sangat berdampak pada pelaksanaan pembangunan di kota Prabumulih. Pemerintah mau tidak mau harus melakukan rasionalisasi anggaran dalam APBD Perubahaan 2016. " ujarnya.

Sementara itu lanjut mantan Kepala Inspektorat Kota Prabumulih itu, perolahan dana perimbangan Pusat ke Daerah dari sektor pajak migas dan non migas pada 2016, kembali mengalami penurunan, yang disebabkan adanya penurunan harga minyak dunia. Dengan demikian, kemungkinan besar Pemerintah Kota tidak akan melaksanakan sejumlah pekerjaan atau kegiatan yang tidak terlalu prioritas.‎

Ditambahkan, sebelum melaksanakan kegiatan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi kemendagri terhadap APBD. Mudah-mudahan ada perubahan yang bisa mengurangi defisit sehingga program Pemerintah bisa berjalan sesuai yang direncanakan, tandasnya. (pp/jun)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu