Home » , » Mengenal Lebih Dekat Komintas Competer

Mengenal Lebih Dekat Komintas Competer

Written By Posmetro Prabu on 15/02/16 | 15.2.16

PRABUMULIH, PP - Rasa penasaran redaksi posmetroprabu.com akan Komunitas Competer akhirnya terjawab sudah. Rasa penasaran ini juga diikuti oleh beberapa pembaca yang bertanya melalui akun sosial media Facebook Posmetro Prabu beberapa waktu lalu melalui inbok. Kebanyakan diantara mereka bertanya apa itu "Competer" kok isi tulisannya melulu dengan puisi? Trus klo mau masuk kompeter syaratnya harus pandai pusi saja atau bolehkah mahir tentang yang lain semacam karya ilmiah, cerpen atau opini?

Berdasarkan surat yang diterima oleh redaksi dari community pena terbang bahwa Competer adalah komunitas sastra yang menggandrungi puisi.

"Kami adalah komunitas sastra yang menggandrungi pusi" ujar An Nazmi melalui email yang dikirimkan ke redaksi Posmetro Prabu.

Dikatakan, Cikal bakal pembentukan Competer (Community Pena Terbang) Palembang, Sumatera Selatan itu sendiri berawal dari Competer Pusat di Pekanbaru yang memang benar telah terbentuk sejak lama yang diketuai oleh Muhammad Asqalani Eneste.

Di Pekanbaru lanjutbya, Competer telah berkembang pesat dan bisa dibilang mengalahkan komunitas serupa lainnya dikarenakan prestasi-prestasi dari anak-anak Competer yang juga sedang di promosikan sebagai komunitas baca, anak-anak.

"Competer tidak hanya sekedar membuat puisi tapi diiringi pembelajaran dan juga gandrung membaca. Sedangkan Competer (Community Pena Terbang) Palembang, Sumatera Selatan berdiri pada tanggal 19 Agustus 2015, awalnya di kelola Muhammad Asqalani yang akrab disapa di dunia maya dengan nama An Najmi yang sekarang menjadi ketua Competer Palembang, Sumatera Selatan" 

Pada saat itu An Najmi yang penyuka puisi ditemui oleh Asqalani begitu juga kepada Ketua di Competer Sumsel Afrida Nasution yang berada di kota Palembang untuk membicarakan pembentukan cabang Competer di Palembang Sumatera Selatan, sementara An Najmi sendiri tinggal di Kota Prabumulih satu kota yang sedang mengalami perkembangan pesat.

Oleh karena itu, kebanyakan Anggota Competer ada di Prabumulih, ada pula terbagi di daerah Palembang, Lahat, Empat lawang, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Muara Enim. Total sekitar 20 anggota yang tunak di Competer Palembang, sebutlah mereka Ella Faurine, Budianto, Ariffin, Jayanti, Aan Kuncay, Teratai Senja, Wiwit Estu, Oktabri, Adetia Reza, Rison, Arman Baelah.

Nah mengapa harus bergabung dengan Competer?

Karena Competer sendiri memiliki visi karya-karya akan juara lomba, terbit media, punya buku sendiri, ujarnya.

Mengikuti jejak Competer pusat Pekanbaru, Competer Palembang Sumatra Selatan sering mengadakan pertemuan setiap minggunya.

Apa saja sih yang dibahas saat pertemuan?

Pertemuan akbar se-Sumsel memang belum pernah dilakukan. Namun, untuk pertemuan rutin sering di adakan di Taman Kota Prabumulih, tepatnya di bawah pohon rindang. Saat pertemuan diadakan berupa pameran buku bagi pengunjung yang ingin membaca boleh, sekaligus kepada yang ingin ikut gabung, ujarnya

Di saat pertemuan juga lanjut An, setiap anggota membuat puisi. Masing-masing akan membuat puisi kemudian membacakannya. Kemudian di pertemuan juga membahas tentang diskusi dan menanyai buku-buku apa yang sedang dibaca, ini sangat berguna juga untuk meningkatkan minat budaya baca.

Untuk prestasi Competer sendiri, sudah cukup banyak, di antaranya menang lomba antologi puisi, karya karyanya telah banyak masuk di media cetak nasional dan kerap kali juga mengisi di laman media di Prabumulih yaitu posmetroprabu.com yang sangat mengapresiasi tumbuh kembangnya sastra khususnya di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Terkahir An Nazmi dalam suratnya mengungjapkan bahwa untuk bisa bergabung dengan Competer, syaratnya cukup mudah dengan ikut di grup Fb Community Pena Terbang (Competer) Palembang Sumatera Selatan dan Sekitarnya atau hubungi di Email : Competer.Sumsel19@gmail.com.

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu