Home » » DPRD Himbau Dinkes Prabumulih Lakukan Penagihan Hutang ke Pemkab Muara Enim

DPRD Himbau Dinkes Prabumulih Lakukan Penagihan Hutang ke Pemkab Muara Enim

Written By Posmetro Prabu on 01/02/16 | 1.2.16

PRABUMULIH, PP - Agar operasional RSUD tetap berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Prabumulih melalui Komisi I menghimbau Dinas Kesehatan untuk mendapingi pihak RSUD Prabumulih untuk menindaklanjuti hutang perobatan warga Muara Enim yang berobat ke RSUD menggunakan jaminan sosial kesehatan (Jamsoskes).

Menurut Ketua Komisi I Erwansyah, Dinas terkait (Dinkes-red) yang harus berperan dalam melakukan penagihan melalui lintas instansi. Setidaknya bisa mengatasnamakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan atau setidaknya mendampingi pihak RSUD untuk melakukan penagihan, ujarnya.

Dikatakan Erwansyah, menurut laporan yang masuk ke Komisi I, piutang RSUD tercatat sebanyak Rp. 7 Miliar. Dimana lanjutnya, untuk Muara Enim saja mencapai Rp, 5 Miliar dan Kabupaten Pali sebesar Rp. 2 Miliar. Dengan keungan seperti ini maka sangat wajar jika RSUD mengalami sedikit kendala dalam pelayanan ditambah statusnya yang kini sudah menjadi BULD yang pendanaanya hanya sedikit ditopang oleh APBD. Jika tidak dilakukan penagihan ditakutkan pelayanan Rumah Sakit tidak dapat berjalan dengan maksimal. Untuk itu diharapkan Dinas Kesehatan agar sesegera mungkin bertindak melakukan penagihan demi pelayanan RSUD tetap normal, tegasnya.

Disinggung soal Hutang BPJS terhadap pihak RSUD yang kabarnya juga membengkak, Erwansah menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap BPJS dan telah mempertanyakan masalah tersebut. Hasilnya pihak BPJS berjanji akan segera melunasi hutang-hutang nasabahnya yang berobat ke RSUD. Selain itu juga kepada pihak BPJS kita tegaskan untuk selalu melakukan sosialisasi terhadap warga pemegang kartu BPJS. Apa saja hak dan kewajibannya serta bagaimana dan penyakit seperti apa saja yang ditanggung BPJS. Tujuannya agar warga tidak terjebak saat berobat menggunakan kartu BPJS, tandasnya.

Di tempat terpisah, Direktur RSUD Kota Prabumulih dr Rusmini yang dikonfirmasi posmetroprabu.com di ruang kerjanya siang tadi Senin (01/02/2016) membenarkan jika hutang pemerintah Kabupaten tetangga seperti Muara Enim dan Kabupaten Pali hingga sampai saat ini belum dibayarkan. Namun demikian lanjutnya pihaknya telah bertemu dengan Pemerintah Kabupaten yang bersangkutan dan berjanji akan segera membayarkan hutang tersebut setelah pihak RSUD Kota Prabumulih melakukan verifikasi data pasien dan total pembiayaan yang harus dibayarkan.

"Alhamdulillah meskipun tunggakan belum dibayarkan namun operasional rumah sakit masih tetap berjalan seperti biasa. Karna belum lama ini pihak BPJS telah melunasi hutang perobatan nasabahnya ke pihak RSUD. Dan kita berharap Pemkab Muara Enim maupun Kabupaten Pali setelah verifikasi data yang mereka pinta kita selesaikan, dana tersebut akan segera dicairkan" harap Rusmini.

Disinggung apakah pihaknya memberikan batas deadline pembayaran, Rusmini mengungkapkan bahwa pihaknya tidak sampai berfikir ke arah sana karna selain antar Pemerintah Daerah juga tidak etis memberikan deadline atau batas waktu sebab keuangan RSUD hingga saat ini masih normal, tandasnya.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu