Home » » BLH Prabumulih : Soal Amdal Citi Mall Ada Kebijakan Walikota

BLH Prabumulih : Soal Amdal Citi Mall Ada Kebijakan Walikota

Written By Posmetro Prabu on 19/02/16 | 19.2.16

PRABUMULIH, PP - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Prabumulih mengakui jika sampai saat ini Analisis tentang dampak lingkungan (Amdal) Proyek pembangunan Citi Mall di Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih yang bersebelahan dengan RSUD memang belum mengantongi Amdal. Demikian disampaikan Kepala BLH Kota Prabumulih Dwi Koryana saat disambangi Posmetro Prabu di Ruang Kerjanya perkantoran Dinas Pemkot Prabumulih lantai 8.

Belum adanya Amdal tersebut menurutnya adalah adanya kebijakan Walikota Prabumulih memberikan kemudahan bagi investor terkhusus pengembangan pusat Perbelanjaan berupa mall yang telah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat.

"Mohon digarisbawahi bahwa Amdal tetap akan dilakukan sebagai syarat mutlak pembangunan mall tersebut. Namun sistem pelaksanaannya pararel. Dimana proyek tetap berjalan amdal juga berjalan. Selain itu juga waktu kajian amdal dilakukan juga batasnya paling lama 4 bulan. Sementara tim penilai berjalan tidak masalah proyek juga bisa dilaksanakan. Karna ini semata-mata tujuannya juga untuk kesejahteraan masyarakat" ujarnya.

Sejauh ini menurut Koryana, tim penilai yang di ketuai oleh sekretaris daerah telah bekerja secara maksimal dan melibatkan pakar lingkungan dan unsur ahli lainnya termasuk masyarakat. Selain itu pihaknya juga telah menghimbau pengelola untuk segera menyerahkan dokumen peruntukan bangunan berikut denahnya.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga telah menghimbau pengelola mall untuk lebih aktif mengurus dokumen berkaitan dengan pembangunan. Sebab, tanpa dokumen Amdal maupun izin lain, imbasnya cukup besar terhadap masyarakat. Masyarakat Kota Prabumulih yang dirugikan karena mereka yang merasakan secara langsung. Limbah pembuangan, kemacetan, dan lainnya akan terjadi.

Keseluruhan permasalahan tersebut, pihak pengelola mal telah menyepakatinya dan mudah-mudahan keseluruhan dokumen bisa diselesaikan tepat waktu, tandasnya.

Ditempat terpisah, pengamat ekonomi dan pembangunan yang juga aktivis Lembaga pemantau dan Pengawasan aset daerah (LP2AD) Kota Prabumulih Mulwadi yang dikonfirmasi terkait permasalahan Amdal pembangunan Citi Mall mengaku sangat menyangkan kebijakan Walikota yang terkesan memberikan perlakuan khusus atau berbeda terhadap bangunan citi mall. Mengingat kondisi tersebut menujukkan ketegasan ditunjukkan hanya kepada masyarakat kecil.

Dengan keadaan ini dirinya meminta Pemko dan DPRD Prabumulih lebih ketat dalam mengeluarkan regulasi terlebih terhadap permasalahan Amdal. Dengan permasalaan ini tentu menimbulkan kecurigaan adanya perlakuan istimewa terhadap pengusaha besar yang sama halnya Pemkot hanya berani terhadap pengusaha kecil atau masyarakat kecil, ujarnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu