Home » » Ini Belasan Kasus Awal Tahun Yang Berhasil Diungkap Polres Prabumulih

Ini Belasan Kasus Awal Tahun Yang Berhasil Diungkap Polres Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 29/01/16 | 29.1.16

PRABUMULIH, PP - Belasan orang pria mengenakan baju bertuliskan tahanan Polres Prabumulih dengan tangan terborgol satu sama lain tampak berjalan beriringan dari ruang tahanan sementara Polres Prabumulih. Mereka adalah para pelaku tindak kejahatan yang berhasil diamankan oleh Jajaran Polres Prabumulih sepanjang Januari 2016. Dengan pengawalan ketat petugas, mereka digiring ke depan pintu masuk Markas Polisi Resort (Mapolres) Prabumulih siang tadi Jumat (29/01/2016) untuk acara gelar perkara pengungkapan kasus.

Sebahagian pelaku kejahatan lainnya tampak keluar dari mobil patroli dan lantas menyusul mengisi barisan. Yang ini iyalah para pelaku tindak kejahatan yang berhasil diamankan oleh Polsek Prabumulih timur dan Polsek Lainnya di wilayah hukum Polres Prabumulih. Para tersangka pelaku tindak kejahatan ini di bariskan sejajar dengan barang bukti hasil kejahatan berikut peralatan untuk melakukan aksi kejahatannya.

Barang bukti tersebut berupa 6 Karung berisi biji besi pendrol rel kereta api sebanyak 489 pendrol dengan tersangka Utriayadi Bin Mahebat, Anto Bin Banang, Uslan Bin Yusuf dan Erman Bin Ibrahim. Ke empat pelaku berhasil diamankan oleh Polsek Rambang Kapak Tengah (RKT) awal januari lalu. Menurut Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa SIK MTCP, ke empat pelaku diancam pasal 363 KUHP.

Barang bukti lainnya yang dipajang oleh petugas polres Prabumulih dari pelaku tindak kejahatan lainnya adalah 16 buah derigen kosong. 10 derigen berisi BBM jenis solar, selang dan cangkul. Pada kasus ini Polisi menetapkan Welly Yanto dan kawan-kawan sebagai tersangka. pelaku terbukti melakukan tindak pidana pencurian minyak solar dari lokomotif kereta api. Kasus ini berhasil diungakap oleh jajaran Polsek Prabumulih timur pada tanggal 2 januari 2016 lalu dan kepada tersangka akan diancam pasal 363 KUHP.

Di barisan barang bukti yang digelar, terlihat satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja warna hitam dipadu warna merah. Dalam acara gelar Perkara tersebut, Kapolres Prabumulih yang didampingi Kabag Ops Kompol Andi Apriadi dihadapan awak media menjelaskjan bahwa barang bukti yang satu ini polisi juga telah menangkap dan menetapkan tersangka yakni Mursid. Tersangka berhasil diamankan oleh tim buser Polsek Prabumulih timur karna terbukti telah melakukan pencurian sepeda motor milik korbannya dengan cara pelaku masuk kedalam rumah dengan merusak kunci pintu dan mengambil sepeda motor milik korban.

Sementara satu unit sepeda motor jenis Yamaha berlabelkan barang bukti juga  terparkir disebelah motor Kawasaki tersebut. Menurut Kapolres barang bukti tersebut adalah hasil pengungkapan kasus oleh Polsek Prabumulih Barat. Dalam kasus ini Petugas menetapkan dua orang tersangka yakni Sainul dan Jhoni. Barang bukti lainnya adalah 2 unit Laptop. Barang bukti ini adalah hasil kejahatan dari tersangka Ebiet Widodo bin Gunadi dan Ismail alias Mael bin Mudan. Selain mencuri Laptop, pelaku juga menggasak satu unit sepeda motor Honda Vario dan uang sebanyak Rp 900.000 milik korbannya. Para tersangka ini berhasil diamankan tim buser Polres Prabumulih.

Tersangka lainnya yang berhasil diamankan di bulan januari adalah Erwin Alfariji, Jhoni Frend dan Edi Sudarto Bin Gopli. Ketiganya terpaksa harus diamankan karna tertangkap tangan memabwa sajam dan juga kasus penjambretan.

Dalam gelar perkara, tercatat sebanyak 22 orang tersangka berbagai kasus berhasil diamankan. Dari jumlah tersebut diatas tampak di dominasi kasus tindak kejahatan pemalakan atau pungli sopir truk angkutan.  Sebanyak 9 orang tersangka dari kasus pemalakan sopir angkutan ini berhasil daiamankan oleh Polres Prabumulih. Mereka diantaranya adalah Suryanto, Lendri Bin Jhon, Yansah Bin Darsono, Agus Saputra Bin Bambang Irawan, Heri Sopian Bin Sugen, Waliardi Bin Mat Linan, Hengki Mardiansyah Bin Herman Pelani, Ade Randes Apriadi dan Okta Rio Purnomo. Ke sembilan orang ini diganjar hukuman pasal 368 dan 365 KUHP.








Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu