Home » » Merosotnya Moral Mahasiswa

Merosotnya Moral Mahasiswa

Written By Posmetro Prabu on 04/12/15 | 4.12.15

Sebagai anak bangsa indonesia sangtlah penting bagi kita untuk menjaga negara bangsa indonesia, karena semua itu dibutuhkan perjuangan tekad dan pengorbanan yang keras untuk bisa membangkitkan kembali semangat para pejuang tetapi beda dengan anak bangsa sekarang mari kita lihat sebagai contoh banyak mahasiswa yang demo yang dimana tujuan tersebut tidak penting. Contoh itu merupakan nilai moral yang berada di sekitar kita. Maka pendidikan nilai moral anak bangsa indonesia sangatlah penting untuk kita bersama memperbaiki sejak masalah-masalah tersebut.

            Dalam upaya peningkatan pada era globalisasi sekarang, diperlukan suatu bentuk moral yang sesuai dengan pandangan hidup bangsa dan falsafah hidup yang sopan dan santun. Maka dari pada itu harus dimiliki oleh mahasiswa saat ini. Tetapi dalam kenyataannya sebagian mahasiswa juga telah kehilangan moral jika kita menyalahgunakan kemajuan tersebut akibatnya akan membawa kita kepada sesuatu yang dinamakan krisis, seperti salah satunya ialah krisis moral.        

            Kemerosotan moral juga banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar serta kurangnya pranata sosial dalam mengendalikan perubahan sosial yang negatif. Karena akibat dari kondisi tersebut, terjadi pergeseran tingkah laku atau moral Mahasiswa sebagai generasi dimana atap bangsa akan didirikan harus memiliki moralitas tinggi agar dapat menjadi filter bagi pengaruh buruk dari globalisasi.

Penyebab Merosotnya Moral Mahasiswa!

            Kemerosotan moral  mahasiswa pada saat ini banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar mahasiswa adalah anak kost yang tentunya jauh dari pengawasan orang tua. Mayoritas kost memang memiliki penjaga, atau yang disebut induk semang. Namun, ada pula yang tidak disertai penjaga. Mahasiswa mudah sekali terpegaruh contohnya adalah narkoba,sex bebas,video porno dll

Demoralisasi Mahasiswa Saat Ini ?

Era modern ditandai dengan berbagai macam perubahan dalam masyarakat. Perubahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (iptek), mental manusia, teknik dan penggunaannya dalam masyarakat, komunikasi dan transportasi, urbanisasi, perubahan-perubahan pertambahan harapan dan tuntutan manusia . dipengaruhi oleh masyarakat, dan inilah yang kemudian menimbulkan perubahan masyarakat. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap down-nya mental generasi muda. Gejalanya bisa dilihat dari generasi muda baik dalam mengeluarkan  ide/gagasan ataupun dalam menyikapi perkembangan.

Nilai-nilai Pancasila yang luhur merupakan ajaran moral yang mendasar dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Tetapi pada kenyataannya saat ini Pancasila justru banyak dipertanyakan relevansinya dalam era moderenitas-globalisasi. Pada hakikatnya ajaran moral Pancasila meliputi segala bidang, dari agama, sosial-budaya, politik, hankam, pendidikan serta ekonomi. Namun, jauhnya relasi antara warga dengan Pancasila ini telah menimbulkan masalah moral yang juga begitu kompleks di segala bidang. Dalam hal ini adalah bidang pendidikan. 

Kondisi pendidikan kita saat ini jauh dari upaya untuk menjaga atau memperbaiki moral. Di dunia sekolah pada kurikulum 1984, terdapat mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang memiliki esensi sebagai peljaran moral yang berdasar Pancasila. Namun, pada kurikulum 1994 pelajaran ini dihapuskan dan diganti dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan maksud untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, sementara itu pendidikan tentang moral masuk ke dalam Pendidikan Agama yang pada penerapannya lebih pada kehidupan beragama itu sendiri. Dan setelah itu, pada kurikulum 2004 PPKn juga diganti dengan Pendidikan Kewarganegaraan saja tanpa Pancasila. Secara otomatis nilai-nilai moral yang ada dalam Pancasila tidak lagi dipelajari dan ditanamkan pada diri siswa.

SOLUSI

            

 Mahasiswa harus memiliki keimanan yang teguh sebagai pegangan dalam berperilaku yang positif sehingga mahasiswa di negeri ini harus memiliki intelegensi agar tidak mudah dibodohi oleh kebudayaan asing yang buruk selain itu agar mahasiswa memiliki kemampuan yang prima tekait bidang teknologi dan informasi. maka secara otomatis akan memunculkan kondisi moral yang baik pula.Implementasi solusi yang tepat untuk mengatasi demoralisasi mahasiswa adalah berupa penanaman nilai-nilai keagamaan sehingga menumbuhkan keimanan pada masing-masing agamanya, pembekalan ilmu yang cukup sebagai referensi dalam bertindak.


Nama : Dewa Saputra A.L
Sekolah : Universitas Teknologi Yogyakarta
CP : 081278032515
Alamat : Jl.Nias No 510 Prabumulih Timur
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu