Home » » Adi Susanto Pertanyakan Pendirian Mall di Kota Prabumulih

Adi Susanto Pertanyakan Pendirian Mall di Kota Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 02/12/15 | 2.12.15

PRABUMULIH, PP - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih Adi Susanto SE mengingatkan Walikota untuk tidak memberikan angin surga Pada Masyarakat maupun pelaku ekonomi di Kota Prabumulih terkait rencana pendirian Mall di Jalan Lingkar Timur dekat RSUD Prabumulih.

Hal itu diungkapkan oleh Santon panggilan akrab Adi Susanto saat ditemui posmetroprabu seusai menggelar Rapat Paripurna pengesahan rancangan anggaran dan belanja daerah (RAPBD) Kota Prabumulih Tahun 2016 di sekretariat DPRD Kota Prabumulih Senin kemarin (30/11/2015). Permasalahan rencana pembangunan mall oleh investor di Kawasan Jalan Lingkar Timur  itu pun sempat menjadi perdebatan di ruang sidang beberapa waktu lalu antara Adi Susanto dan Walikota Prabumulih.

Menurut Walikota Prabumulih, ditengah kemajuan pembangunan di Kota Prabumulih sudah sepantasnya Kota ini memiliki Mall. Dan sejalan dengan itu, pembangunan mall juga didukung minat dari investor untuk berinvestasi di Kota Prabumulih. Dengan demikian, Walikota sebagai Pemerintah Daerah telah memberikan izin pembangunan mall di jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih. Dengan ini kami minta maaf jika ada investor lain yang ingin masuk ke Kota Prabumulih bermaksud mendirikan mall dan pengurusan izin lainnya sedikit terlambat itu dikarenakan Pemerintah Kota Prabumulih tetap mendahulukan yang lebih dulu masuk, ujar Ridho Yahya.

Pernyataan Walikota Ridho Yahya ini pun mendapat tanggapan salah seorang anggota DPRD Kota Prabumulih dari komisi 3 yakni Adi Susanto SE. Meski saat Paripurna dia tidak melakukan interupsi, namun menurutnya, ungkapan tersebut mengarah pada dirinya yang memang sedari awal, pria pengoleksi batu akik ini menentang kebijakan izin pembangunan mall di Kota Prabumulih.

"Dengan ungkapan tadi, itu jelas mengarah kepada kita. Seolah-olah kita ada kepentingan dalam pembangunan mall dan padahal sama sekali tidak. Jika izin pendirian mall itu demi kesejahteraan rakyat silahkan saja tidak masalah. Namun perlu diketahui, Soal kebijakan pemerintah selama ini kita sangat mendukung. Cuman masalahnya SKPD terkait yaitu Bappeda adalah mitra kerja Komisi 3, Sebagai mitra kerja wajar kan kita berikan masukan. Sebab Izin pendirian mall itu tidak sama dengan izin mendirikan bangunan (IMB). Ada hal-hal yang perlu dibenahi lagi jika pun mall yang digadang-gadangkan itu sudah sangat mendesak dan tidak bisa ditunda lagi" ujar Santon.

Dikatakan, selain IMB, tentu ada lagi IUPP, Amdal dan IUTM serta yang lebih utama lagi adalah izin feasibility study (FS) yakni harus melakukan uji kelayakan terlebih dahulu, apakah layak dibangun mal atau tidak. Nah ini yang kita sampaikan kepada Bappeda sebagi mitra kerja agar dikemudian hari tidak terjadi kasus seperti PT KAI. Analisis dampak lingkungan (Amdal)-nya bagaimana? Regulasi yang mengatur pembangunan sudah sampai dimana? kan perlu perencanaan yang matang. Jangan nanti mall sudah berdiri timbul masalah baru, repot kita, ujar politisi partai PBB itu.

Nah selain perizinan yang dimaksud, Pemerintah juga harus mempertimbangkan aspek sosial yang ditimbulkan seperti para pedagang ekonomi kecil menangah yang ada di Kota Prabumulih. Mereka juga harus dipikirkan. Dengan ini kita menyarakan agar Pemkot Pemkot Prabumulih melakukan kajian kembali, jangan sampai investor sudah bagus malah terhenti di tengah jalan.

Disinggung bahwa saat ini alat berat telah diturunkan di lahan yang akan didirikan mall yang menandakan bahwa pembangunan sudah mulai dilakukan, Pria yang hobby olah raga adventure ini menyesalkan langka tersebut. Nah ini juga sangat kita sesalkan, alat berat sudah ada di lahan yang akan dibangun mall. Sudah ada belum Amdal dan izin FS-nya. Belum ada izin Amdal dan FS kok pembangunan sudah dimulai? tandasnya setengah bertanya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu